7 Perangkat Masa Kini yang Harus Anda Punya di Rumah

M Studio - 13 Februari 2017 10:53 wib
Tampilan POWERbot dari Samsung.
Tampilan POWERbot dari Samsung.

Metrotvnews.com: Pada era berteknologi tinggi sekarang ini, semakin banyak perangkat yang terhubung ke internet dan dapat saling terhubung satu sama lain.

Salah satu aplikasi teknologi tersebut bisa ditemukan di rumah. Jika Anda melengkapi rumah dengan berbagai perangkat cerdas, maka Anda bisa menciptakan smart home. Meski belum secanggih rumah milik Tony Stark di film Iron Man, smart home bisa membuat Anda lebih betah di rumah.

Inilah beberapa perangkat yang harus Anda punya untuk membuat smart home.

1. Speaker nirkabel
Semua orang senang mendengarkan musik. Dengan speaker WiFi, Anda bisa memutar lagu tanpa harus beranjak dari tempat duduk Anda. Tidak hanya itu, karena ia terhubung dengan smartphone, Anda bisa memilih lagu-lagu yang akan diputar via aplikasi ponsel.

2. Smart lighting
Seperti yang disebutkan oleh IB Times, menggunakan smart lighting di rumah dapat mengubah gaya hidup Anda. Tombol lampu tak lagi perlu dipasang di tembok. Sebagai gantinya, Anda dapat menyalakan lampu via aplikasi smartphone. Anda bahkan bisa menjadwalkan untuk mematikan atau menyalakan lampu.

Foto: PC Advisor

Tidak hanya itu, dengan smart lighting, biasanya Anda juga bisa mengatur tingkat pencahayaan atau warna lampu yang dikehendaki sehingga Anda bisa menyesuaikannya dengan suasana hati atau keperluan Anda.

3. Kulkas cerdas
Sekarang, ada beberapa perusahaan perabot elektronik rumah tangga yang mulai menyediakan smart refrigerator alias kulkas cerdas. Setiap kulkas cerdas biasanya memiliki fitur berbeda-beda. Salah satu fitur yang biasa ada adalah layar LCD.

Ada pula kulkas yang dilengkapi dengan kamera di bagian dalamnya sehingga Anda bisa memeriksa isi kulkas melalui aplikasi saat Anda tidak berada di rumah. Dengan begitu, Anda bisa memastikan bahwa saat Anda belanja dapat membeli bahan makanan yang memang diperlukan.

Foto: Wired

4. Smart TV
Di era IoT, banyak perangkat yang terhubung ke internet. Salah satunya adalah TV. Apa kelebihan smart TV dari TV biasa? Salah satu keuntungannya adalah smart TV memiliki aplikasi terintegrasi, seperti aplikasi untuk memutar video dari Netflix atau YouTube. Selain itu, biasanya smart TV juga memiliki aplikasi lain selain pemutar video, seperti browser, media sosial dan lain sebagainya.

5. Mesin cuci cerdas
Salah satu keuntungan mesin cuci cerdas adalah karena ia biasanya dilengkapi dengan sistem monitor yang terhubung ke aplikasi di smartphone Anda. Dengan begitu, Anda bisa memulai atau menghentikan mesin cuci dan memeriksa berapa lama waktu yang diperlukan oleh mesin cuci untuk menyelesaikan cucian yang sedang ia bersihkan.

Sebagian mesin cuci cerdas juga dilengkapi dengan fitur yang memungkinkannya untuk memeriksa apakah mesin cuci bermasalah atau tidak. Fitur ini bahkan dapat memberikan cara sederhana untuk menyelesaikan masalah tersebut.

6. Smartwatch
Saat pertama kali diluncurkan, smartwatch memiliki bodi bongsor yang membuatnya terlihat sedikit aneh saat dipakai. Sekarang, tidak lagi. Para pembuat smartwatch mulai membuat smartwatch yang tidak hanya kaya akan fitur, tapi juga memiliki tampilan yang menawan. Perusahaan pembuat smartwatch berlomba-lomba untuk membuat smartwatch dengan tampilan desain klasik. Tujuannya, agar ia juga bisa digunakan sebagai aksesori fesyen.

7. Robot pembersih debu
Sebagai masyarakat urban yang sibuk, keberadaan robot pembersih debu dapat sangat memudahkan Anda untuk membersihkan rumah. Salah satu keuntungan terbesar dari robot pembersih debu adalah hemat waktu.

Tidak hanya itu, ia juga bisa digunakan untuk membersihkan berbagai permukaan. Seperti Samsung Vacuum Cleaner POWERbot yang dapat digunakan untuk membersihkan berbagai permukaan lantai, mulai dari karpet, kayu hingga keramik. Pada bagian sudut POWERbot akan memberikan daya isap yang lebih kuat, mengingat sudut ruangan memang biasanya lebih kotor.

Seperti kebanyakan perangkat cerdas lain, Samsung Vacuum Cleaner POWERbot juga memiliki aplikasi smartphone. Ia dilengkapi fitur Select & Go, yang dapat memetakan rumah Anda sehingga Anda bisa mengatur ruangan mana saja yang perlu dibersihkan.

Dilengkapi dengan teknologi FullView Sensor 2.0, Samsung Vacuum Cleaner POWERbot dapat mengetahui benda yang ada di sekitarnya. Jadi, Anda tidak perlu khawatir ia akan menabrak dan merusak perabot rumah lain.



Dengan lebar 311mm, lebih besar 107mm dari konvensional brush, POWERbot akan membersihkan rumah dengan lebih efisien. Samsung melengkapi robot pembersihnya yang satu ini dengan Cyclone Force, yang berfungsi untuk memastikan filter pada robot pembersih ini tetap bersih dan tidak tersangkut.

Sejatinya, teknologi berfungsi untuk memudahkan hidup penggunanya. Begitu pula dengan robot pembersih debu. Dengan robot pembersih debu, Anda tidak perlu lagi repot-repot membersihkan rumah. POWERbot dari Samsung memiliki fitur autopilot sehingga Anda tidak perlu mengendalikannya secara manual.

Jika baterainya habis saat ia tengah membersihkan rumah, POWERbot akan pergi ke docking station-nya untuk mengisi baterai. Setelah baterai terisi penuh, ia akan kembali ke tempat terakhirnya dan melanjutkan proses pembersihan rumah.

Meski dilengkapi dengan autopilot, Anda juga bisa mengarahkan POWERbot untuk membersihkan area tertentu. Untuk itu, Anda cukup mengarahkan sinar satu meter di depan POWERbot dan ia akan beranjak ke tempat yang Anda arahkan.


(ROS)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG TEKNOLOGI
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KELUARGA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sat , 22-07-2017