5 Cara Melindungi Anak dari Pengaruh Buruk Internet

Rosa Anggreati - 14 Juli 2016 06:00 wib
Buat aturan yang jelas dengan anak tentang penggunaan gadget dan internet agar tidak kebablasan (Foto:Corbis)
Buat aturan yang jelas dengan anak tentang penggunaan gadget dan internet agar tidak kebablasan (Foto:Corbis)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kehadiran teknologi bak pisau bermata dua. Bisa memberikan manfaat baik atau sebaliknya, menjerumuskan kepada hal buruk. Salah satu dilema orang tua yang hidup pada zaman modern ini ialah kemudahan anak mengakses internet.


Jika digunakan dengan tepat, internet bisa membuka wawasan pengetahuan dan mempermudah akses informasi. Namun, internet juga mengandung segudang bahaya yang mengancam anak.


Gadget dapat menjadi sarana pembelajaran yang mudah bagi anak. Dengan menggunakan gadget, orang tua bisa menampilkan berbagai informasi yang dibutuhkan anak dengan mudah. Seperti mengajarkan tentang warna, angka, huruf, hewan, tumbuhan, dan berbagai informasi tentang lingkungan. Pada gilirannya, saat anak mulai bergaul dengan lingkungan sekitar, dia tidak kaget dan dapat menyesuaikan diri dengan cepat.


Sementara, dampak negatif yang mungkin menimpa anak di antaranya menganggu saraf motorik halus, menghambat interaksi sosial, memengaruhi pola bicara, anak akan kesulitan membedakan mana hal yang nyata dan tidak. Yang juga patut diwaspadai jika anak menggunakan internet tanpa pengawasan, mereka bisa mengakses konten yang tak sesuai usia mereka seperti konten dengan pesan negatif bahkan berbau pornografi.


Untuk melindungi anak dari bahaya internet, coba terapkan tips berikut.


1. Buat aturan penggunaan internet dengan anak


Buat aturan yang jelas dengan anak tentang penggunaan gadget dan internet agar tidak kebablasan. Termasuk durasi penggunaan.


Asosiasi dokter anak Amerika Serikat dan Kanada menekankan, orang tua harus tegas tidak memberikan gadget pada anak usia 0-2 tahun. Sementara, anak berusia 3-5 tahun dibatasi satu jam per hari, dan dua jam per hari untuk anak 6-18 tahun.


Untuk membantu Anda mengatur durasi penggunaan gadget, Anda dapat memanfaatkan fitur Kids Mode 4.0 yang tersedia pada Samsung Galaxy Tab A 2016.





Bila waktu yang Anda tentukan habis, maka akan muncul ikon buaya tidur di layar. Dengan demikian, anak secara sukarela akan menyerahkan gadget jika waktu bermainnya telah usai.


2. Libatkan diri saat anak berselancar di internet


Sudah seharusnya sebagai orang tua, Anda mengenal lingkup gerak anak. Dampingi anak saat berselancar di internet. Pastikan juga anak menggunakan teknologi dengan aman.


3. Ajari anak melindungi privasi


Tidak semua hal boleh dibagikan di internet. Ajari anak untuk melindungi privasi, jangan sembarangan mengumbar informasi pribadi ke publik. Terutama di media sosial. Beri tahu anak untuk tidak menuliskan tentang data pribadi, termasuk alamat dan nomor telepon.


Selain itu, ada baiknya Anda membatasi penggunaan aplikasi agar ia tak mengakses konten yang tak sesuai usia. Caranya bagaimana? Aktifkan fitur Kids Mode 4.0 yang hanya terdapat pada Samsung Galaxy Tab A 2016.





Ini adalah fitur parenting control yang berguna untuk menyaring aplikasi apa saja yang dapat diakses anak dengan menggunakan pin sebagai kode keamanan.


4. Letakkan komputer atau perangkat gadget di tempat yang terpantau


Letakkan komputer atau gadget di ruang keluarga. Cara ini memudahkan Anda memantau aktivitas yang dilakukan anak di dunia maya.


5. Gunakan tablet yang ramah anak


Jika Anda ingin anak menikmati manfaat tablet tanpa khawatir mereka mengakses konten yang tidak cocok dengan usianya, maka pertimbangkan memilih tablet yang ramah anak.





Seperti Samsung Galaxy Tab A yang seperti sempat diulas di atas, memiliki keunggulan fitur Parental Control (kids mode 4.0). Fitur ini memungkinkan Anda memblokir konten berbahaya dari hasil pencarian di internet, dan mencegah anak akses situs yang tidak semestinya mereka buka. Pengalaman ini pun turut didukung koneksi 4G LTE yang bikin kegiatan berselancar di internet mulus dan lancar.


Tak hanya itu, Samsung Galaxy Tab A dilengkapi juga dengan kamera belakang 5MP untuk menghasilkan foto yang luar biasa di berbagai kegiatan keluarga. Anda pun tak perlu khawatir baterai cepat habis saat digunakan untuk menelusuri berbagai informasi di internet atau foto-foto momen seru di tengah keluarga.





Perangkat ini cocok disebut sebagai tablet modern yang update dengan berbagai kebutuhan keluarga masa kini.


Satu lagi yang tak boleh Anda lewatkan ialah kesempatan memenangkan hadiah Samsung Galaxy Tab A dan liburan keluarga bersama Samsung Indonesia! Caranya, potret momen bersama keluarga. Kemudian, upload dan share cerita kebersamaan Anda sebagai keluarga modern dengan menyertakan hashtag #BeTabAFamily di Twitter atau Instagram. Informasi lebih lanjut mengenai syarat dan ketentuan kompetisi #BeTabAFamily silakan klik www.betabafamily.com.

 


(ROS)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG SAMSUNG
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KELUARGA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Thu , 17-01-2019