Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp Rp2.408.300.797 (20 JUNI 2018)

5 Konflik ketika Penghasilan Wanita Lebih Tinggi dari Pasangannya

Raka Lestari - 13 Maret 2018 07:00 wib
(Foto: Shutterstock)
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Data statistik menyebutkan bahwa sebesar 42 persen wanita menjadi pencari nafkah utama bagi keluarga, dan hampir 40 persen di antaranya memiliki penghasilan yang lebih besar dari suami.

Studi dari Harvard Business School menyebutkan, kesenjangan penghasilan bisa memiliki dampak besar pada hubungan, terutama jika penghasilan istri lebih besar daripada suami. Berikut dijabarkan psikiater Dr Gail Saltz, dilansir dari Huffington Post.

1. Mempengaruhi kehidupan seks

Menurut Saltz, wanita yang menjadi tulang punggung keluarga atau istri yang memiliki penghasilan lebih banyak daripada suami bisa kehilangan gairah seks terhadap pasangannya. Hal itu bisa mempengaruhi keintiman antara suami istri.

2. Suami merasa diremehkan

Beberapa pria terkadang merasa diremehkan ketika memiliki penghasilan yang lebih rendah dibandingkan pasangannya, atau mereka akan merasa bahwa mereka telah gagal. Menurut Saltz, hal yang harus dilakukan adalah dengan cara saling membantu satu sama lain agar salah satu pihak tidak merasa diremehkan oleh lainnya.

3. Merasa tidak nyaman

Wanita yang memiliki penghasilan yang lebih banyak juga akan merasa sulit. Ia mungkin akan merasa sedih jika harus memiliki tanggung jawab yang lebih besar. Tidak sedikit wanita berpenghasilan tinggi dan sukses memiliki beban psikologis dan merasa gagal karena tidak memiliki banyak waktu untuk mengurus anak-anaknya, ujar Saltz.

4. Merasa tidak berguna

Menurut Saltz, pasangan suami istri pasti akan berkompetisi satu sama lain entah mereka sadari atau tidak. Jika sang istri memiliki penghasilan yang lebih besar, para suami biasanya akan merasa bahwa mereka tidak berguna lagi sebagai pasangan, ujar Saltz.

5. Memiliki tugas yang berkebalikan

Jika para wanita memiliki penghasilan yang lebih besar, biasanya sang suami akan mengambil tugas untuk menjaga anak-anak ataupun mengurus rumah, ujar Saltz. Jika hal itu yang terjadi, Anda harus menghargai apa yang telah dilakukannya.






(DEV)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KELUARGA
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KELUARGA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sat , 23-06-2018