Tips Menemukan Cinta pada Usia 40-an

Raka Lestari - 11 Februari 2018 14:55 wib
(Foto: Reader Digest)
(Foto: Reader Digest)

Jakarta: Pada usia 40-an, tentunya sudah cukup banyak pengalaman yang Anda alami, termasuk soal percintaan. Dan hal tersebut tentunya sangat berbeda jika dibandingkan dengan ketika Anda menjalin hubungan di usia 20-an.

Ada hal-hal yang mungkin Anda pertimbangkan ketika Anda mulai berkencan atau mencari pasangan di usia 40-an. Namun sebaiknya hal tersebut tidak dijadikan hambatan bagi Anda untuk bisa menemukan pasangan hidup Anda yang tepat.

Dan berikut ini adalah beberapa faktor yang berperan dalam menemukan pasangan di usia 40-an menurut Reader's Digest.

1. Saat ini adalah waktu yang tepat menemukan cinta sejati

Pada umur 40-an mungkin Anda sudah banyak mengalami rasa frustrasi, penolakan, dan sakit hati. Namun, meskipun Anda belum dapat menghapus masa lalu, hal tersebut bisa dijadikan pelajaran berharga.

"Ketika Anda berusia 40-an, Anda benar-benar dapat memanfaatkan pengalaman hidup tersebut," kata Jodi J. De Luca, PhD, seorang psikolog klinis.

2. Tidak perlu sedih ketika masih single

Ini penting bukan hanya sebagai sikap internal, tapi juga masalah bagaimana Anda merencanakan diri sendiri, kata Jennie Lynn, pakar hubungan dan penulis. 

"Jangan merasa benci karena Anda tidak memiliki pasangan, kita harus merasa nyaman sendirian dan mencintai diri kita sendiri, dan energi positif itu akan menarik pasangan yang tepat untuk Anda."

3. Tidak perlu memikirkan masa lalu

"Sangat penting untuk melupakan masa lalu kita jika Anda ingin mendapatkan seseorang yang hebat," kata konsultan kencan online, Stacy Karyn.

"Cobalah untuk tidak terlalu banyak membicarakan hubungan masa lalu Anda di beberapa kencan pertama Anda," saran Karyn.

4. Jangan bersikap sinis

"Jangan biarkan pengalaman hidup Anda mengubah Anda menjadi orang yang sinis," saran Jonathan Bennett, seorang ahli dalam hubungan percintaan. 

"Sebagai gantinya, cobalah untuk terhubung dengan energi dan kegembiraan yang Anda miliki sebelum Anda memiliki pengalaman yang menyedihkan."

Memiliki perasaan yang positif bukan berarti Anda melupakan pelajaran dari kegagalan Anda, namun hanya membiarkan diri Anda menikmati saat-saat yang membuat diri Anda senang.

5. Kontrol ekspektasi Anda

Harapan yang terlalu tinggi terkadang dapat menyebabkan kekecewaan pada diri Anda. Kontrol ekspektasi Anda untuk tetap realistis, tidak terlalu tinggi namun juga tidak terlalu rendah. Hal ini dilakukan agar tidak ada tekanan ketika Anda mulai berkencan dengan pasangan Anda.

6. Cari pasangan di luar tipe Anda

"Jangan terlalu terfokus pada penampilan," kata pakar hubungan dan penulis Rich Gosse.  Pada saat Anda berusia 40-an, Anda harus tahu lebih baik. Selain itu, Anda juga mungkin bisa menemukan suasana berbeda ketika mencoba berkencan dengan seseorang yang bukan tipe Anda selama ini.


(DEV)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG ROMANSA
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KELUARGA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 21-05-2018