DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK, Dana Terkumpul RP 20.111.547.901 (22 SEP 2018)

Jangan Berbelanja pada 4 Situasi Ini

Raka Lestari - 12 Maret 2018 13:03 wib
(Foto: Shutterstock)
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Bagi sebagian orang, belanja bukan sekadar untuk memenuhi kebutuhan, tetapi juga sebagai sarana untuk memuaskan diri. Tak heran ketika sedang stres, belanja menjadi satu pilihan aktivitas yang dapat menyegarkan pikiran.

Namun, Anda harus tahu kapan waktu yang tepat untuk berbelanja jika tidak mau isi dompet Anda habis begitu saja tanpa perhitungan.

Kapan sajakah waktu-waktu yang tidak tepat untuk berbelanja? Berikut ulasannya seperti dilansir dari Huffington Post.

1. Ketika sedang mengecek email

Banyak toko, terutama toko online yang memberikan voucher diskon jika Anda memberikannya alamat email. Belum lagi promo yang masuk ke email dengan iming-iming diskon hanya diadakan selama satu hari.

"Ketahuilah itu dirancang untuk meningkatkan perasaan urgensi agar Anda membeli produk," ujar April Benson, psikolog yang mengkhususkan diri dalam pengobatan compulsive buying disorder.

2. Bila mendapat uang tunai dalam jumlah banyak

Ketika Anda mendapatkan bonus dari kantor atau sisa pengembalian pajak, yang terbaik untuk Anda lakukan adalah menabungnya untuk keperluan penting, barulah sisanya sebesar 10 persen digunakan untuk bersenang-senang.

3. Ketika Anda mengalami hari yang buruk

Menurut pengamat perilaku keuangan Syble Solomon, jika Anda sedang berada pada suasana hati yang buruk atau kacau, sebaiknya tidak berbelanja karena pada saat-saat tersebut Anda paling rentan menghabiskan sesuatu untuk hal-hal yang tidak perlu.

4. Ketika sedang berlibur

Berlibur adalah waktu-waktu yang sangat rentan dan sangat sulit untuk mengendalikan pengeluaran Anda, kata Benson. Banyak dari kita yang ketika merasa kesepian pada saat suasana liburan beralih untuk berbelanja agar merasa lebih baik. Hal yang harus dilakukan adalah dengan terlebih dahulu memikirkannya secara matang.


Lihat video:




(DEV)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG TIPS & TRIK
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KELUARGA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 25-09-2018