Cegah Persaingan Antar Anak, Orang Tua Sebaiknya Lakukan Ini

Raka Lestari - 30 Januari 2018 17:37 wib
(Foto: Shutterstock)
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Persaingan antar saudara kandung terkadang tidak bisa dihindari, tetapi bukan berarti tidak bisa dicegah. Hal yang terkadang sepele bisa memicu kerenggangan pada adik dan kakak.

Dalam hal ini, peran orang tua sangatlah penting untuk mencegah perselisihan di antara anak. Berikut ini beberapa hal yang harus dilakukan orang tua seperti dilansir dari Reader Digest.


1. Luangkan waktu secara personal

Barbara Greenberg, PhD, seorang psikolog klinis yang mengkhususkan diri dalam mengasuh anak dan remaja menyarankan agar orang tua memiliki jadwal pribadi dengan setiap anak untuk mencegah terjadinya rivalitas antara saudara kandung di rumah.

"Rivalitas umumnya terjadi ketika mereka ingin mendapatkan pengakuan dari orang tua mereka," katanya.

2. Beri mereka ruang untuk menyendiri

Menurut Dr Greenberg, anak-anak tidak hanya membutuhkan tempat sendiri, seperti kamar tidur, tapi mereka juga butuh waktu sendiri untuk menikmati aktivitas mereka sebagai individu.

"Memiliki waktu untuk melakukan suatu hal sendiri memungkinkan anak-anak menjadi diri mereka sendiri, dan itu penting," katanya. Ketika keinginan anak-anak terpenuhi dan dianggap sebagai seorang individu dengan kemampuan unik, ia akan mengurangi kebutuhan untuk bersaing melawan saudara kandung untuk mendapatkan kekuatan di dalam rumah.

3. Menjaga komunikasi yang sesuai

Dr Greenberg memperingatkan orang tua untuk menahan godaan untuk menceritakan hal-hal yang tidak tepat pada anak mereka. Bagaimana Anda berbicara kepada anak Anda di depan orang lain, dan secara pribadi, juga penting.

4. Tahan untuk tidak memberi label pada anak-anak

"Jika Anda memberi label pada satu anak sebagai 'orang pintar' atau 'orang yang baik' maka tidak ada anak lain dalam keluarga yang merasa mereka pintar atau baik hati," ujar Greenberg. Dia melanjutkan, "Ketika Anda memberi label pada anak, Anda menutup seluruh kegembiaran bagi anak-anak yang lain dan ini merampas peluang mereka."

5. Berikan tanggung jawab sesuai usia

Bagi beberapa keluarga, saudara-saudara yang lebih tua ditugaskan untuk merawat orang-orang yang lebih muda di keluarga. Dr Greenberg percaya ini dapat menyebabkan kebencian dan perselisihan di keluarga.

"Anak-anak yang lebih tua membutuhkan tugas dan tanggung jawab yang sesuai untuk kelompok usia mereka. Mereka bukan orang tua dari adik-adiknya, dan seharusnya tidak bertanggung jawab atas hal tersebut," kata dia.

6. Ajarkan mereka disiplin secara terpisah

Courtney Ferenz, PsyD, seorang ahli psikolog klinis menjelaskan, "Anak-anak sering bertengkar satu sama lain. Cobalah untuk tidak menegur anak Anda di depan anggota keluarga lainnya, terutama saudara kandung karena seringkali dapat menyebabkan rasa malu, marah, dan ingin membalas dendam."

Video:




(DEV)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KELUARGA
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KELUARGA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Thu , 22-02-2018