Barang-barang yang Sebaiknya Tak Dimasukkan dalam Microwave

Raka Lestari - 13 Februari 2018 13:28 wib
Hidnari memasak telur menggunakan microwave karena panas yang cepat dari gelombang mikro menciptakan banyak uap di dalam telur. (Foto: Rebekah Howell/Unsplash.com)
Hidnari memasak telur menggunakan microwave karena panas yang cepat dari gelombang mikro menciptakan banyak uap di dalam telur. (Foto: Rebekah Howell/Unsplash.com)

Jakarta: Memasukkan barang-barang atau bahan makanan yang tidak tepat ke dalam microwave bukan hanya bisa merugikan diri Anda, tapi juga bisa membahayakan diri Anda.

Barang-barang atau bahan makanan yang tidak tepat dimasukkan ke dalam microwave tersebut bisa membuat Anda terkena bahan kimia berbahaya atau bahkan bisa memantik api yang bisa menyebabkan terjadinya kebakaran. 

Berikut ini adalah tips untuk menghindari kesalahan berbahaya dalam menggunakan microwave menurut Reader's Digest: 


(Menurut pakar keamanan makanan di departemen sains makanan Pennsylvania State University, cara yang paling aman adalah dengan mencairkan daging terlebih dahulu selama semalam sebelum dimasukan ke dalam microwave. Foto: Courtesy of De Repente/Rd.com)

1. Merebus telur
Jika Anda mencoba untuk merebus telur di microwave kemungkinan besar akan berakhir dengan kekacauan dan justru malah menyulitkan diri Anda sendiri. Panas yang cepat dari gelombang mikro menciptakan banyak uap di dalam telur, yang tidak bisa dilepaskan. Sehingga yang terjadi adalah justru telur yang meledak. Dan membersihkan sisa-sisa ledakan telur di microwave sangat sulit. 

(Baca juga: Sehatkah Memasak Menggunakan Microwave?)

2. Daging
Memasak daging beku di microwave sangat sulit dilakukan. Meskipun tepian daging sudah matang namun terkadanga bagian tengah masih tetap beku. Dan jika microwave Anda tidak memutar makanan saat memasaknya, ini bisa menyebabkan distribusi panas yang tidak merata yang bisa memungkinkan bakteri tumbuh.

Menurut pakar keamanan makanan di departemen sains makanan Pennsylvania State University, cara yang paling aman adalah dengan mencairkannya terlebih dahulu selama semalam. 

3. ASI 
Menghangatkan ASI menggunakan microwave adalah hal yang salah. Penelitian menunjukkan bahwa menghangatkan ASI menggunakan microwave dapat menghancurkan beberapa protein yang berguna untuk kekebalan tubuh, terutama pada suhu tinggi. 


(Penelitian menunjukkan bahwa menghangatkan ASI menggunakan microwave dapat menghancurkan beberapa protein yang berguna untuk kekebalan tubuh, terutama pada suhu tinggi. Foto: Courtesy of Have a nice photo/Shutterstock.com)

4. Wadah plastik
Banyak wadah plastik mengandung bahan kimia BPA yang bisa meleleh ke makanan Anda saat plastik dipanaskan. Bahkan dalam laman rd.com tersebut disebutkan bahwa wadah plastik dengan label "BPA free" pun masih mengandung bahan kimia yang tidak baik untuk kesehatan. Lebih baik menggunakan piring untuk menghangatkan makanan Anda. 

5. Air dalam gelas
Bila Anda memanaskan air dalam wadah keramik atau kaca terlalu lama, air akan menjadi super panas yang dapat menyebabkan air jadi mendidih. Dan hal tersebut dapat membuat gelas yang terbuat dari kaca atau keramik tersebut menjadi pecah. 










(TIN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG TIPS & TRIK
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KELUARGA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Thu , 24-05-2018