5 Cara Mencapai Keseimbangan Kehidupan Kerja

Pelangi Karismakristi - 12 Januari 2018 14:47 wib
Ilustrasi. Shutterstock
Ilustrasi. Shutterstock

Jakarta: Ketika Anda lebih sering menghabiskan waktu di kantor daripada di rumah, apa yang Anda rasakan? Bila Anda ingin mencapai keseimbangan kehidupan kerja yang sempurna, penting bagi Anda melepaskan diri dari pekerjaan kantor saat sudah sampai di rumah.

Agar kehidupan pekerjaan dan rutinitas di rumah menjadi seimbang, Anda bisa melakukan hal-hal berikut:

1. Tentukan tujuan yang jelas

Sama seperti saat Anda menentukan tujuan karier, sama pentingnya dengan menetapkan tujuan mencapai keseimbangan kehidupan kerja. Apabila Anda hanya ingin menghabiskan delapan jam di kantor dan tak ingin lembur, Anda harus mengorganisirnya. Misal, menentukan waktu menyelesaikan pekerjaan dan memilah pekerjaan mana yang mesti didahulukan.

2. Menentukan batas

Mungkin Anda menyadari betapa sulitnya mengerjakan tugas kantor di rumah. Hal ini mempengaruhi mood dan energi Anda. Lebih baik Anda menetapkan batasannya. Bekerja dari rumah selama keadaan darurat masih bisa diterima, tapi jangan membuatnya menjadi kebiasaan.

3. Abaikan panggilan

Berpikir dua kali sebelum menjawab panggilan telepon atau membalas email yang berhubungan dengan pekerjaan ketika sudah di rumah. Namun, Anda perlu memahami, bisa atau tidak pesan tersebut dijawab keesokan harinya.

Bila bisa, letakkan ponsel dan tetapkan mode silent. Cobalah tidak memeriksa email sebelum tidur, karena justru akan meningkatkan stres.

4. Jadilah tepat waktu

Anda diberi sejumlah jam kerja, pasti ada alasan di baliknya. Tibalah di kantor tepat waktu, begitu pula dengan menyelesaikan tugas tepat waktu.

5. Jaga kesehatan dan ruang pribadi

Ingat, Anda bisa menjadi produktif bila memiliki pikiran dan kondisi tubuh sehat. Bila terlalu banyak bekerja dan tidak membiarkan diri cukup waktu untuk rileks, stres akan mempengaruhi kesehatan fisik dan mental.


(TRK)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KEHIDUPAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KELUARGA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Wed , 25-04-2018