Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp Rp2.676.534.291 (20 JULI 2018)

5 Hal yang Harus Anda Lakukan ketika Pasangan Berselingkuh

Raka Lestari - 15 April 2018 14:06 wib
(Foto: Shutterstock)
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Mendapati pasangan berselingkuh tentu menjadi mimpi buruk bagi siapapun. Setelahnya, Anda tentu terjebak dilema untuk mengambil keputusan.

Apa yang harus Anda lakukan jika mimpi buruk ini menghapiri Anda, berikut saran para terapis hubungan seperti dilansir Reader Digest.

1. Jangan sedih berlebihan

"Sangat normal untuk menangis selama dua atau tiga hari setelah putus," kata April Masini, relationship expert dari New York.

Pada Anda yang berada dalam hubungan serius, para ahli menyarankan untuk mengambil waktu untuk memulihkan keadaan. Meskipun yang terjadi mungkin menakutkan, ini adalah kesempatan bagi Anda untuk memikirkan kembali masa depan hubungan Anda.

2. Tidak perlu merasa paling menderita

Memang sangat menyakitkan dikhianati, tetapi Anda tidak perlu terlalu mengasihani diri secara berlebihan. Merasa seolah-olah menjadi pihak yang disakiti hanya akan membuat diri Anda menjadi menyedihkan dan berdampak negatif, kata Jane Greer, PhD, relationship expert  yang berbasis di New York.

"Akibatnya, harga diri Anda akan turun, dan Anda akan merasa sulit untuk menjalankan hidup Anda dengan cara yang memuaskan."

3. Buat keputusan

Pilihan untuk menyelamatkan hubungan atau tidak berada di tangan Anda. "Anda tahu apa yang terbaik untuk diri Anda sendiri," kata Antonia Hall, MA, psikolog dan relationship expert. Orang-orang akan selalu memiliki pendapat mereka sendiri, tetapi keputusan akhir tentang bagaimana hubungan Anda selanjutnya adalah milik Anda.

"Tidak ada orang lain yang benar-benar memahami dinamika yang terjadi di antara dua orang," kata Dr Greer.

4. Jangan mengabaikan apa yang sudah terjadi

Mengabaikan rasa sakit atas ketidaksetiaan pasangan Anda tidak akan mengatasi masalah mendasar dalam hubungan Anda. "Mencoba untuk mengabaikan ketidaksetiaan yang terjadi hanya akan membuat hubungan Anda berada dalam situasi yang sulit," ujar Hall.

Selanjutnya, kebencian yang tersisa kepada pasangan hanya akan meyebabkan segalanya menjadi bertambah buruk. Jadi, tanyakan semua pertanyaan yang Anda inginkan, meskipun jawaban yang diberikan adalah jawaban yang tidak ingin Anda dengar.

5. Jangan lupa merawat diri sendiri

"Pengalaman traumatis ini dapat berdampak negatif terhadap pikiran dan tubuh Anda," kata Samantha Burns, konselor berlisensi. 

"Untuk bangkit kembali dari ini, perawatan diri sangat penting. Anda tidak dapat membuat keputusan rasional, seperti apakah akan melanjutkan hubungan atau tidak  ketika Anda tidak mengurus kebutuhan fisik Anda."

Pastikan untuk makan, berolahraga, tidur, dan bersenang-senang. Tertawa dan hidup bahagia atas apa yang terlah terjadi. Cobalah untuk mengatasinya dengan cara terapi, medtasi, menulis diary, bergaul bersama teman-teman atau membaca buku-buku motivasi, kata Burns.


(DEV)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG ROMANSA
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KELUARGA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sat , 21-07-2018