Survei: Banyak Ibu Cari Tips Parenting di Media Sosial

Sri Yanti Nainggolan - 14 September 2017 10:28 wib
(Foto: ABCnews)
(Foto: ABCnews)

Metrotvnews.com, Jakarta: Media sosial bisa dibilang tak bisa dipisahkan dengan gaya hidup masa kini. Semua orang menggunakan media sosial, baik pelajar, pekerja, bahkan para ibu.

Dalam hal ini, sebuah survei Indonesia Internet Mum Survey 2017 yang dilakukan platform konten dan komunitas Tickled Audience Platform mengamati bagaimana tren para ibu dalam menggunakan media sosial. Partisipan yang berjumlah 1.070 ini berusia 18-45 tahun dan berasal dari empat kota besar yaitu Jakarta, Surabaya, Medan, dan Bandung.

Hasilnya, 99 persen dari mereka masih aktif menggunakan media sosial dengan minimal satu akun. Terdapat dua media sosial yang paling digandrungi dimana mereka menghabiskan waktu kurang dari 10 jam dalam sehari, yaitu Facebook (19 persen) dan Instagram (10 persen).

Selain untuk bersosialisasi, responden mengaku bahwa mereka juga mengikuti brand-brand tertentu untuk beberapa kepentingan berbelanja, yaitu melihat barang-barang terbaru dan mendapatkan potongan harga atau kupon belanja.

Sebanyak 98 persen dari para ibu yang melek internet tersebut juga mengungkapkan bahwa mereka memiliki peran besar dalam menentukan barang-barang dalam rumah tangga yang akan dibeli.

"Dan sekitar 94 persen dari mereka membeli barang berdasarkan rekomendasi yang mereka lihat dari internet," tambah Putri Fitria selaku perwakilan dari Tim theAsianparent Audience Indonesia dalam peluncuran Tickled Platform Indonesia, Rabu (13/9/2017).

Berbelanja online juga sudah menjadi hal yang tak asing lagi bagi para responden. Hal tersebut terlihat dari presentase belanja dimana 38 persen dari mereka mengaku belanja online minimal dua kali sebulan. Sementara, 3 persen  berbelanja beberapa kali dalam seminggu.

Survei tersebut juga membeberkan empat toko online yang paling digemari responden, yaitu Shopee, akun di Instagram, tokopedia, dan Lazada.

Selain untuk berbelanja dan bermedia sosial, para ibu mengaku bahwa mereka menggunakan internet untuk mencari tips parenting, resep masakan, dan tips kesehatan.

Kapan saja mereka menjelajah dunia maya di tengah kesibukan mengurus rumah tangga dan sang buah hati?

"Sebanyak 50 persen ibu mengakses internet di atas jam 7 malam. Kemudian 33 persen antara jam 12 siang hingga 7 malam. Sisanya sebelum tengah hari," jawab Putri.

Ia menambahkan, kebanyakan ibu yang bisa mengakses dunia maya di siang hari memiliki anak yang sudah cukup besar atau sudah masuk bangku sekolah.


(DEV)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG SURVEI
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KELUARGA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sun , 24-09-2017