Cara Mengurangi Sampah Plastik

Raka Lestari - 07 Februari 2018 15:01 wib
Menurut Forbes, orang membeli lebih dari satu juta botol plastik per menit di seluruh dunia. (Foto: Javier Molina/Unsplash.com)
Menurut Forbes, orang membeli lebih dari satu juta botol plastik per menit di seluruh dunia. (Foto: Javier Molina/Unsplash.com)

Jakarta: Botol plastik digunakan setiap hari untuk minum air dan juga digunakan untuk keperluan rumah tangga setiap hari, seperti botol pemutih, sampo, pembersih kamar mandi dan botol sabun cuci tangan.

Di Inggris, rata-rata rumah tangga menggunakan 480 botol plastik per tahun, namun hanya mendaur ulang 270 di antaranya dan sebanyak 44 persen tidak didaur ulang menurut Recycle Now. 

Mengurangi sampah plastik sangat penting untuk melestarikan lingkungan dan melindungi ekosistem laut agar tidak menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada burung, hewan laut, dan ikan. Dan berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

1. Menggunakan tas plastik saat berbelanja 
Tas plastik bisa digunakan kembali ketika Anda berbelanja di supermarket atau pasar. Dengan menggunakannya kembali Anda bisa mengurangi sampah plastik sedikit demi sedikit. 

(Baca juga: Bengkak Setelah Operasi Plastik, Bahaya atau Tidak?)


(Menurut Forbes, orang membeli lebih dari satu juta botol plastik per menit di seluruh dunia. Foto: Stephanie Mccabe/Unsplash.com)

2. Batasi jumlah botol air plastik
Menurut Forbes, orang membeli lebih dari satu juta botol plastik per menit di seluruh dunia. Air kemasan sangat merugikan lingkungan dan kehidupan laut dan merupakan masalah yang besar dalam hal sampah plastik. Ide yang terbaik adalah dengan membeli tempat minum yang bisa diisi ulang. 

3. Mengurangi penggunaan cangkir kopi kertas
Cangkir kopi kertas yang sering Anda minum ketika mengunjungi kedai-kedai kopi biasanya dilapisi dengan polietilen yang merupakan plastik.

4. Sedotan
Sedotan cukup berbahaya karena bisa berakhir di lubang hidung makhluk laut dan bahkan ada kasus sedotan yang dapat melubangi perut penguin. Jika Anda ingin menggunakan sedotan sebaiknya menggunakan sedotan yang berbahan dasar kertas yang lebih biodegradable. Ada juga beberapa perusahaan yang mengembangkan sedotan berbahan dasar rumput laut yang bisa langsung dimakan. 









(TIN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG TIPS & TRIK
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KELUARGA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 21-05-2018