Yang Sebaiknya Tak Digunakan Ketika Menghadiri Pemakaman

Raka Lestari - 05 Februari 2018 14:46 wib
Secara tradisional, warna hitam telah menjadi pilihan pilihan untuk menghadiri pemakaman. (Foto: Rubberball Productions/Getty Images)
Secara tradisional, warna hitam telah menjadi pilihan pilihan untuk menghadiri pemakaman. (Foto: Rubberball Productions/Getty Images)

Jakarta: Ada waktu dan tempat untuk semuanya, dan sangat jelas bahwa menghadiri acara pemakaman bukanlah saat yang tepat bagi Anda untuk mencoba dan memamerkan tren fesyen terbaru Anda. Dan terkadang, memutuskan apa yang ingin dipakai ketika menghadiri pemakaman merupakan sesuatu yang rumit. 

Untuk membantu menentukan apa yang cocok dan tidak cocok untuk pemakaman, berikut yang bisa Anda lakukan.

1. Tidak harus selalu memakai hitam 
Secara tradisional, warna hitam telah menjadi pilihan pilihan untuk menghadiri pemakaman. Dalam budaya Barat, hitam erat kaitannya dengan perasaan berkabung selama berabad-abad, namun tradisi mengenakan warna hitam ke upacara pemakaman berasal dari Kekaisaran Romawi, menurut Wonderopolis.

Kebiasaan tersebut juga dilaporkan diadopsi oleh Ratu Victoria, yang mengenakan pakaian hitam untuk pemakaman untuk menunjukkan martabat dan rasa hormatnya kepada almarhum.

(Baca juga: 8 Cara Bantu Teman yang tengah Berduka)

Bagaimanapun, berbagai budaya di seluruh dunia memiliki kebiasaan yang berbeda dalam hal pemakaman. Di China misalnya, warna tradisional untuk menunjukkan rasa berkabung adalah warna putih, sementara di Thailand janda memakai pakaian ungu saat berkabung pasangan mereka. 


(Secara tradisional, warna hitam telah menjadi pilihan pilihan untuk menghadiri pemakaman. Foto: Hendry Meilhac/Unsplash.com)

"Semua orang menganggap Anda harus memakai jas hitam untuk pemakaman. Namun jika Anda tidak memiliki jas berwarna hitam, Anda bisa memilih jas berwarna gelap," kata ahli etiket Diane Gottsman. "Jika Anda 'seorang wanita, Anda tidak perlu mengenakan pakaian hitam, tapi kenakan sesuatu yang tidak akan membuat Anda menonjol dan membuat Anda terlihat seperti sedang berkabung."

2. Yang sebaiknya dihindari
Ada beberapa pakaian yang sebaiknya tidak digunakan ketika menhadiri pemakaman. "Anda sebaiknya tidak menggunakan pakaian atletik atau pakaian olahraga ketika menghadiri prosesi pemakaman," ujar Elaine Swann, pendiri Swann School of Protocol. Swann juga menyarankan agar tidak memakai jin, namun masih bisa diterima saat jika dipasangkan dengan baju berkerah atau blazer. 

Hal lain yang harus dihindari adalah pakaian yang terlalu terbuka, seperti rok super pendek, gaun berpotongan rendah dan atau gaun dengan tali spaghetti. Selain itu, yang harus dihindari pula adalah yang terlalu berkilau, seperti manik-manik atau kain metalik yang mencolok, atau cologne atau parfum berat, karena hal itu bisa sangat mengganggu.

Dari segi alas kaki, Gottsman menyarankan untuk memilih sepatu yang bisa dengan mudah dan nyaman dipakai tempat pemakaman, di mana Anda mungkin berjalan di rumput atau kerikil. Dan sebaiknya tidak menggunakan sepatu kets. 










(TIN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KELUARGA
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KELUARGA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Thu , 22-02-2018