DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK, Dana Terkumpul RP 14.332.438.005 (21 AGUSTUS 2018)

Pentingnya Pemanasan agar Tubuh Tak Kaku Setelah Olahraga

Sri Yanti Nainggolan - 12 Juni 2018 16:36 wib
(Foto: Shutterstock)
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Kaku setelah berolahraga membuat seseorang merasa tak nyaman dalam beraktivitas. Oleh karena itu perlu beberapa trik untuk menghindarinya. 

Aashish Chaudhry, dokter bedah ortopedi dari Aakash Healthcare Super Speciality Hospital memberikan beberapa tips sederhana agar tak merasa kaku setelah beraktivitas fisik. 

"Kebanyakan orang tidak melakukan sesi pemanasan sebelum olahraga tanpa menyadari risikonya. Padahal, pemanasan sebelum berolahraga membantu menyiapkan otot untuk kegiatan angkat beban yang berat dan menurunkan risiko kaku atau kerusakan otot," terangnya, dilansir dari Thehealthsite. 

Ia menambahkan, olahraga ringan dan peregangan setelah olahraga juga membantu mengurangi kaku tubuh. 

Kemudian, olahraga dengan otot kaku mungkin terlihat kontradiktif. Namun, melakukan hal tersebut justru dapat melonggarkan otot yang tegang dan mengeluarkan asam laktat yang membuta kesakitan. 

Tak perlu olahraga berat, cukup jogging ringan dengan lintasan pendek. 

Cara lain untuk mengurangi kekakuan adalah pijat setelah berolahraga. Pijat selama 20 menit baik untuk mengendurkan otot dan memperlancar aliran dalam aliran cairan dalam tubuh. Selain dengan bantuan orang, Anda juga dapat melakukannya sendiri dengan tongkat pijat atau rol busa. 

Mengompres bagian yang terasa tegang atau sakit setelah berolahraga selama 10 menit juga ampuh meringankan peradangan otot dan mempercepat proses penyembuhan. 





(DEV)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG TIPS KESEHATAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Wed , 22-08-2018