Kebiasaan Ini Dapat Membuat Hormon Anda Tak Seimbang

Raka Lestari - 13 April 2018 11:29 wib
Menurut ahli bedah bersertifikat dewan Dr Joseph Cruise mengatakan kurang tidur meningkatkan kadar kortisol dan meningkatkan gula darah Anda. (Foto: Dan Gold/Unsplash.com)
Menurut ahli bedah bersertifikat dewan Dr Joseph Cruise mengatakan kurang tidur meningkatkan kadar kortisol dan meningkatkan gula darah Anda. (Foto: Dan Gold/Unsplash.com)

Jakarta: Seperti yang Anda ketahui, hormon Anda memainkan peran besar dalam memastikan tubuh Anda berfungsi dengan baik. Ketika hormon Anda seimbang, Anda cenderung sehat secara fisik, mental, dan emosional. 

Bagi kebanyakan orang tanpa masalah kesehatan utama, menjaga hormon Anda seimbang dapat semudah mempertahankan gaya hidup sehat.

Tetapi meskipun Anda berusaha untuk memiliki gaya hidup sehat, masih ada kebiasaan setiap hari yang tanpa Anda sadari bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormon.

Berikut ini adalah kebiasaan-kebiasaan sehari-hari yang bisa membuat hormon Anda tidak seimbang: 

1. Kurang tidur
Menurut ahli bedah bersertifikat dewan Dr Joseph Cruise, "Kurang tidur meningkatkan kadar kortisol dan meningkatkan gula darah Anda. Itulah mengapa begadang di malam hari meskipun hanya untuk beberapa malam dalam sebulan, dapat mengacaukan hormon Anda."

2. Mengonsumsi kafein setelah pukul 3 sore
"Memiliki kafein di sore hari akan meningkatkan produksi hormon stres kortisol yang dapat membuat Anda merasa cemas dan menyebabkan Anda sulit untuk tidur sepanjang malam," kata Dr Cruise. Menurutnya mengonsumsi kafein Anda sebelum jam 3 sore. mungkin lebih sehat untuk tubuh Anda.

(Baca juga: 4 Kondisi Tubuh yang Disebabkan oleh Ketidakseimbangan Hormon)


(Menurut ahli bedah bersertifikat dewan Dr Joseph Cruise mengatakan kurang tidur meningkatkan kadar kortisol dan meningkatkan gula darah Anda. Foto: Cassandra Hamer/Unsplash.com)

3. Mengonsumsi terlalu banyak makanan "non fat"
"Makanan rendah lemak menghindari tubuh dari lemak, kolesterol, dan vitamin penting yang larut dalam lemak untuk fungsi hormon normal," Emily Bartlett, ahli kesehatan holistik.

Di luar kekurangan nutrisi, Bartlett mengatakan makanan yang diproses menjadi lebih rendah lemak sering mengandung zat pengisi dan penstabil yang dapat mengganggu kesehatan hormon.

4. Menggunakan terlalu banyak pembersih tangan 
Beberapa orang sering memakai hand sanitizer. Tetapi menurut Dr Gruener dari NYC Surgical Associates kebiasaan itu sebenarnya bisa berakibat buruk pada Anda jika Anda menggunakannya terlalu banyak.

"Bahan kimia di dalamnya, seperti triclosan, dapat menyebabkan kadar estrogen Anda menjadi tidak seimbang dan dapat memengaruhi hormon tiroid Anda," tulis dari laman Bustle.com.

5. Minum dari botol plastik 
Sangat penting untuk mengetahui bahwa plastik jenis tertentu mengandung bahan kimia yang dapat meniru hormon yang disebut xenohormones.

Seperti dilansir dari laman Bustle.com disebutkan, "Salah satu bahan kimia ini, BPA (bisphenol-A) telah dikaitkan dengan gangguan hormon, kanker dan banyak lagi," kata Pelatih Kesehatan Integratif Lorraine Miano. 

Dia menyarankan menghindari menggunakan botol air plastik, terutama yang sudah terkena paparan sinar matahari langsung. "Bahan kimia dapat meresap ke air dengan cara itu," katanya dalam laman yang sama.







(TIN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KESEHATAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sat , 21-04-2018