DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK, Dana Terkumpul RP 13.813.894.338 (20 AGUSTUS 2018)

Benarkah Pisang Bisa Gagalkan Diet Anda?

Torie Natalova - 16 Mei 2018 07:27 wib
Pisang berukuran sedang mengandung 27 gram karbohidrat atau setara lebih dari dua potong roti putih serta sekitar 14 gram gula. (Foto: Toa Heftiba/Unsplash.com)
Pisang berukuran sedang mengandung 27 gram karbohidrat atau setara lebih dari dua potong roti putih serta sekitar 14 gram gula. (Foto: Toa Heftiba/Unsplash.com)

Jakarta: Buah, dianggap sebagai makanan sehat yang membantu tubuh tetap sehat dan bugar. Sehingga, agak aneh ketika munculnya pendapat bahwa Anda harus menghindari pisang saat menjalani diet rendah karbohidrat.

Pisang dinilai beberapa penelitian sebagai buah yang dipenuhi gula dan mengandung kalori. Pisang berukuran sedang mengandung 27 gram karbohidrat atau setara lebih dari dua potong roti putih serta sekitar 14 gram gula.

Gula tersebut berasal dari fruktosa, gula sederhana yang dicerna tubuh dengan cepat dan dapat menyebabkan gula darah dan lonjakan insulin. Perlu dicatat bahwa pisang mengandung 105 kalori.

(Baca juga: Saat Diet, Bagaimana Memastikan Bahwa Lemak Tubuh telah Hilang?)

Tetapi, jika Anda penggemar pisang, tak perlu menghindarinya saat menurunkan berat badan. Pisang tidak akan membuat atau menghancurkan upaya penurunan berat badan Anda.


(Pisang dinilai beberapa penelitian sebagai buah yang dipenuhi gula dan mengandung kalori. Pisang berukuran sedang mengandung 27 gram karbohidrat atau setara lebih dari dua potong roti putih serta sekitar 14 gram gula. Foto: Abigail Lynn/Unsplash.com)

Menurut pakar nutrisi Alissa Rumsey, satu makanan saja tidak akan menyebabkan kenaikan berat badan, sama seperti satu makanan tidak akan menyebabkan penurunan berat badan.

Selain itu dilansir dari Womenshealthmag.com bahwa gula dalam pisang adalah gula alami yang tidak sama dengan gula tambahan seperti yang Anda pakai dalam kopi atau teh dan minuman kemasan.

Pisang sungguh menyehatkan karena merupakan sumber kalium yang tinggi, serat, vitamin C, B6 dan antioksidan antiperadangan. 

Serat benar-benar dapat membantu menurunkan berat badan. Tingkatkan asupan serat hingga 30 gram sehari dan berat badan dapat turun seperti Anda melakukan diet penuh.

Satu buah pisang mengandung 3,1 gram serat, menumpulkan lonjakan cepat gula darah. Dengan demikian, Anda tidak merasakan kelaparan lagi setelah makan.




(TIN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KESEHATAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 21-08-2018