Agar Gejala Maag Tak Memburuk, Redakan Stres Anda dengan Cara Ini

Desi Angriani - 18 September 2018 07:00 wib
Menarik napas dalam-dalam dapat membuat Anda lebih rileks (Foto:Shutterstock)
Menarik napas dalam-dalam dapat membuat Anda lebih rileks (Foto:Shutterstock)

Jakarta: Penyakit maag merupakan salah satu yang umum diderita masyarakat, terutama kaum urban. Menurut WHO, pada 2012 angka kematian di dunia akibat kejadian maag atau gastritis yang dirawat inap yaitu 17-21 persen.

Sakit maag terjadi akibat gaya hidup tidak sehat yang dianut setiap hari. Misalnya, frekuensi makan tidak teratur, makanan pedas, merokok, minum minuman beralkohol, kopi, dan soda.

Mungkin belum banyak yang tahu, masalah psikologis berupa stres juga kian memperparah gejala maag. Dilansir Everydayhealth, stres akan mendorong produksi asam lambung lebih banyak sehingga memperburuk kondisi saluran pencernaan.

Guna membantu meringankan gejala sakit maag, dokter biasanya juga menyarankan pasien untuk mengelola stres dengan baik. Mengurangi stres dapat memperkecil gangguan gastroenterologis, seperti sindrom iritasi usus dan penyakit radang usus. 

Bagaimana caranya mengurangi stres yang datangnya berbarengan dengan gejala sakit maag?

1. Tarik Napas Dalam-dalam

Penelitian membuktikan bahwa menarik napas dalam-dalam dapat membuat Anda lebih rileks. Bernapaslah perlahan melalui hidung, tahan selama tiga detik, lalu hembuskan melalui mulut. Cara ini mampu meredam stres.

2. Relaksasi Otot 

Dimulai dengan mengendurkan otot wajah Anda, lalu turun ke leher, bahu, lengan, dan kaki. Lakukan selama tiga hingga lima detik. 

3. Kepalkan Tangan

Jika Anda tidak punya waktu untuk melakukan peregangan otot, maka berkonsentrasilah pada tangan.  Kepalkan tangan dan tahan lima detik. Lalu, lepaskan perlahan.

4. Bayangkan Tempat yang Tenang

Tubuh akan memproduksi lebih sedikit hormon stres (kortisol) ketika otak membayangkan tempat yang indah dan menenangkan. Misalnya, pantai dengan pemandangan laut biru, pegunungan, atau taman bunga beraneka warna. Bawa pikiran Anda ke tempat tersebut, bayangkan detail seperti pohon, bunga, sinar matahari, dan suara air terjun atau kicau burung. 

Selain mencoba cara tersebut, jika timbul gejala maag seperti nyeri, perih, dan mual, segera atasi dengan Promag. Promag cepat atasi sakit maag dan kembung. Dengan formula hydrotalcite, Promag membantu melindungi lambung lebih lama. Promag juga tersedia dalam format cair.


(ROS)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KALBE NUTRITIONALS
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 22-01-2019