5 Manfaat Kafein Bagi Tubuh

Sri Yanti Nainggolan - 13 Agustus 2017 06:00 wib
5 Manfaat Kafein Bagi Tubuh (Foto: shutterstock)
5 Manfaat Kafein Bagi Tubuh (Foto: shutterstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pro dan kontra dari konsumsi kopi atau teh bagi kesehatan ternyata tak membuat sebagian besar masyarakat bisa lepas dari minuman berkafein tersebut.

Faktanya, dari berbagai studi, ternyata minuman berkafein memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Apa sajakah itu?

1. Meningkatkan ingatan
Bagi Anda yang akan mengikuti ujian, minumlah kopi atau teh sebelumnya. Sebuah studi dari John Hopkins University menemukan bahwa konsumsi kopi dapat memicu ingatan menjadi lebih baik dalam kurun waktu 24 jam setelah meneguknya.

2. Mengobati Parkinson
Sebuah studi menemukan bahwa konsumsi empat hingga lima cangkir kopi sehari dapat mengurangi risiko terkena penyakit parkinson hingga 50 persen. Selain itu, kafein juga memiliki efek memperbaiki pada fungsi koordinasi penderita penyakit tersebut.

3. Baik untuk asupan otot
Bagi pencibta olahraga, minumlah kopi hitam setelah aktivitas fisik tersebut. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Applied Physiology menemukan bahwa kombinasi dari kopi dan karbohidrat dapat meningkatkan asupan glikogen dalam tubuh hingga 66 persen sehingga membantu proses pemulihan lebih cepat.

4. Menurunkan risiko diabetes
Sebuah studi tahun 2014 menunjukkan bahwa meningkatkan konsumsi kopi setelah empat tahun memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes sebesar 11 persen dibandingkan mereka yang tidak melakukan hal serupa.

5. Lebih dapat berpikir jernih dan logis
Sebuah studi tahun 2015 menemukan bahwa konsumsi kopi dapat membantu Anda lebih tenang dan tak cepat bereaksi sehingga Anda bisa berpikir jernih dan logis, meskipun kurang tidur.

 


(ELG)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KESEHATAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Thu , 17-08-2017