Tips Mencegah Pegal saat Perjalanan Jauh

Sri Yanti Nainggolan - 16 Mei 2018 16:27 wib
(Foto: Shutterstock)
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Durasi perjalanan jangka panjang dengan kendaraan membuat tubuh terasa pegal. Lalu, bagaimanakah posisi duduk yang tepat untuk menghindari berbagai masalah kesehatan dan pegal-pegal?

"Duduk dengan posisi yang sama membuat Anda merasakan kaku otot dan sendi, bahkan terasa sakit saat berganti posisi," jelas Amanda Brick, terapis fisik dari Professional Physical Therapy pada Bustle. 

Gangguan tersebut kerap dialami mereka yang menggunakan pesawat, karena ruang yang sempit untuk duduk. Oleh karena itu, Brick memberikan tips sederhana. 

"Pastikan Anda duduk sejauh mungkin (bersandar), sehingga tidak ada ruang di antara pinggul dan punggung kursi."

Kemudian, letakkan selimut atau handuk kecil pada bagian punggung belakang agak bawah. 

Namun, meski sudah dengan posisi tersebut, rasa tidak nyaman akan tetap muncul, terutama untuk penerbangan lebih dari tiga jam. Brick menyarankan untuk sedikit melakukan peregangan sederhana. 

"Berdirilah selama semenit untuk meluruskan lutut, pinggang, dan punggung. Goyangkan bahu dan leher lima kali selama lima detik," saran dia. 

Meluruskan tangan dan digerakkan ke atas bahwa secara berulang-ulang merupakan salah satu gerakan yang baik.

Penggunaan bola pijat atau lacrosse juga membantu mengurangi ketegangan sendi dan otot. Taruhlah bola tersebut pada bagian tubuh yang terasa kaku. 

Setelah melakukan perjalanan jauh, Brick menyarankan untuk menggunakan es batu untuk menghilangkan pegal karena duduk terlalu lama. 

"Taruhlah es di bagian yang pegal selama 10-15 menit untuk meredakan rasa sakit, sementara menempelkan benda hangat selama 10-15 menit akan mengurangi ketegangan atau rasa sesak yang dirasakan di otot," pungkasnya.


Lihat video:


(DEV)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG TIPS & TRIK
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 25-05-2018