Manfaat tak Terduga Kaldu Tulang bagi Kesehatan

Raka Lestari - 11 Januari 2018 19:02 wib
(Foto:Shutterstock)
(Foto:Shutterstock)

Jakarta: Kaldu tulang adalah produk yang berasal dari bagian hewan yang tidak bisa dimakan seperti tulang, kulit, tendon, ligamen, sumsum, dan kaki, yang biasanya direbus selama beberapa hari.

Proses pembuatan alami kaldu tulang lebih rumit dibandingkan kaldu instan. Menurut perspektif para ahli nutrisi, kaldu tulang memberi manfaat mineral seperti kalsium, magnesium, dan fosfor.

"Kaldu tulang mungkin bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan, namun masih diperlukan lebih banyak penelitian lagi untuk klaim ini," ujar Courtney Dunn, MS, RD. , CDN, CNSC, ahli diet dan ahli gizi di New York City.

Kaldu tulang juga merupakan cara mudah dan murah untuk meningkatkan asupan protein, karena kaldu tulang bisa diminum seperti teh panas.

"Beberapa orang meminum kaldu tulang setelah berolahraga sebagai suplemen protein atau untuk mengganti elektrolit," kata Mascha Davis, MPH, RDN, ahli gizi di Los Angeles dan juru bicara American Academy of Nutrition and Dietetics.

Tapi banyak orang tertarik pada kaldu tulang karena kandungan kolagennya, yang merupakan hasil sampingan dari tulang, kulit, sumsum, dan kaki yang terdapat di dalamnya, kata Dunn.

"Kolagen adalah protein yang ditemukan di tubuh kita dan berfungsi sebagai perekat yang menahan kita," katanya.

Kolagen banyak ditemukan di kulit, rambut, usus, kuku, dan persendian, namun seiring berjalannya waktu, produksi kolagen seseorang menurun. Itulah sebabnya mengapa banyak orang banyak yang mengonsumsi suplemen mengandung kolagen.

Menurut Davis, kolagen bisa memperbaiki elastisitas kulit, membuat Anda tetap terhidrasi, dan mengurangi nyeri sendi. Ditambah lagi ada beberapa bukti yang menyebutkan bahwa kolagen dapat memberi dampak positif pada kesehatan usus.


(ROS)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG STUDI KESEHATAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 23-04-2018