Selain Diabetes, Gula Berpotensi Picu Kolesterol Tinggi

Gervin Nathaniel Purba - 02 Agustus 2017 12:16 wib
Terlalu banyak menyantap makanan dan minuman yang mengandung gula dapat memicu penyakit diabetes (Foto:Shutterstock)
Terlalu banyak menyantap makanan dan minuman yang mengandung gula dapat memicu penyakit diabetes (Foto:Shutterstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Segala sesuatu yang berlebihan akan berdampak buruk. Begitu pula halnya dengan makan. Terlalu banyak menyantap makanan dan minuman yang mengandung gula dapat memicu penyakit diabetes. Tak hanya itu, ahli kesehatan di India menemukan kemungkinan dampak lain dari konsumsi gula berlebihan, yaitu kolesterol tinggi.

Kolesterol penting dan diperlukan tubuh kita, tetapi kadar kolesterol darah tinggi tentu saja tidak baik. Kolesterol tinggi bisa menyebabkan kerusakan dinding sel pembuluh darah dan meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke.

Para ahli jantung di India masih memperdebatkan bagaimana gula menjadi kolesterol baru bagi orang-orang yang berisiko terkena penyakit jantung. Jumlah gula yang berlebihan dan tidak terserap bisa menjadi lemak.

G. R. Kane, ahli jantung senior di Rumah Sakit Hinduja, mengatakan bahwa orang-orang sadar akan fakta mengonsumsi makanan berlemak tinggi dapat meningkatkan kadar kolesterol. Namun hanya sedikit yang sadar dampak buruk mengonsumsi gula berlebihan.

"Gula masih terkait diabetes, tapi secara langsung dikonversi menjadi lemak. Perlu ada kesadaran untuk mengonsumsi gula secukupnya," kata Kane, dikutip Indiatimes.

Ahli jantung lainnya, Sunil Thanvi, mengatakan, "Diet kolesterol hanya membentuk 30 persen kolesterol darah.” Prafulla Kerkar, ahli jantung senior di Rumah Sakit KEM, mengatakan bahwa penderita penyakit jantung meningkat di India. "Ini mengkhawatirkan, karena ahli jantung di seluruh India secara rutin mendapatkan pasien berusia 40an, 30an, dan lebih sering usia 20an," ucap Prafulla.

Jika Anda terlanjur sering mengonsumsi makanan atau minuman manis selama sepekan ini, ada baiknya segera cek kadar kolesterol. Jika kadar kolesterol melebihi 200  mg/dL, sebaiknya Anda mengatur pola makan dan rajin berolahraga untuk menurunkannya.

Selain itu, untuk membantu proses menurunkan kadar kolesterol, Anda dianjurkan minum Nutrive Benecol. Kandungan plant stanol ester (PSE) dalam Nutrive Benecol teruji klinis bantu menurunkan kolesterol.

Nutrive Benecol dapat membantu menurunkan kolesterol 7 hingga 10 persen dalam dua hingga tiga pekan, menurunkan kolesterol jahat (LDL) hingga 15 persen, serta mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

Nutrive Benecol tersedia dalam bentuk minuman susu dengan rasa buah (smoothie) dan cereal drink. Untuk minuman smoothies memiliki empat varian rasa yang bisa dinikmati sesuai selera, yakni blackcurrant, strawberry, orange, dan lychee. Sementara, Nutrive Benecol dalam bentuk cereal drink memiliki dua varian rasa yang juga enak rasanya, yakni vanilla veggie mix dan cokelat. Nutrive Benecol, Cara Enak Turunkan Kolesterol.


(ROS)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KALBE NUTRITIONALS
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
MORE
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Thu , 14-12-2017