Jangan Panik, Lakukan Perawatan Ini Ketika Bayi Demam

Raka Lestari - 05 September 2017 14:33 wib
(Foto: The Health Site)
(Foto: The Health Site)

Metrotvnews.com, Jakarta: Demam pada bayi memang perlu diatasi segera. Jika tidak, dikhawatirkan akan berdampak pada kesehatan dan tumbuh kembang.

Meski demikian, jangan langsung khawatir ketika anak Anda demam. Dilansir dari Parent, ada beberapa hal seputar perawatan bayi ketika demam yang harus ibu ketahui.

Gunakan termometer yang tepat.

Bayi kurang dari 6 bulan seharusnya menggunakan rektal termometer yang digunakan melalui anus bayi. Sebab, saluran telinga bayi masih kecil sehingga seringkali tidak akurat.

Kapan harus ke dokter?

Jika bayi berusia dibawah usia 3 bulan, Anda harus menghubungi dokter anak secepatnya. Demam pada bayi bisa jadi infeksi yang serius. Kenali gejala-gejala seperti kehilangan nafsu makan, batuk, nyeri pada telinga, tidur tidak nyenyak, muntah dan diare.

Percaya pada intuisi

Meskipun demam pada bayi tidak terlalu tinggi, tetapi jika tidak seperti biasanya, segeralah pergi ke dokter. Selain itu, sangat penting untuk memberikan bayi Anda ASI atau susu formula untuk menghindari dehidrasi.

Berikan pereda demam

Dokter biasanya merekomendasikan acetaminophen (atau ibuprofen jika bayi Anda berusia 6 bulan atau lebih). Namun, jangan pernah memberikan dosis lebih dari yang ditentukan apabila panas tak kunjung turun.

Mandikan dengan air hangat

Saat bayi mengalami demam tinggi dan terlihat tidak nyaman, coba mandikan dengan air hangat untuk menurunkan suhu tubuhnya. Anda juga bisa menggunakan lap yang dibasahi dan usapkan ke seluruh tubuh jika bayi menangis saat akan dimandikan.




(DEV)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG TIPS KESEHATAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sat , 18-11-2017