DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK, Dana Terkumpul RP 20.100.381.901 (21 SEP 2018)

Bagaimana Cara Mengetahui Diet yang Cocok untuk Tubuh?

Raka Lestari - 12 April 2018 09:14 wib
(Foto: Shutterstock)
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Banyak wanita rela melakukan diet demi mendapatkan tubuh ideal. Pilihan diet pun semakin beragam, mulai dari mediterania yang menekankan pada makanan tinggi serat, ikan, dan biji-bijian, hingga ketogenik, diet yang mengadopsi menu tinggi lemak dan protein untuk menurunkan berat badan. 

Namun, manakah yang paling baik?

"Kalau untuk saat ini sedang menjadi tren itu mayo diet sama ketogenik diet. Untuk keto diet sendiri lebih ke high in fat sedangkan mayo diet itu lebih ke tidak memakai garam," ujar Kathy Tanujaya, Ahli nutrisi dari Greenery Restaurant saat ditemui di kawasan SCBD, Jakarta Pusat, Rabu 11 April 2018. 

Kathy menambahkan, apakah diet tersebut cocok atau tidak tergantung dari tubuh masing-masing.

"Kita yang mengenal diri kita sendiri, kita coba makan biar tau reaksi dalam diri kita gimana. Kalo aku, dulu aku enggak makan daging-dagingan, tetapi kok sering merasa lemas terus sekarang setelah kembali makan daging-dagingan malah jadi bugar dalam beraktivitas."

"Konsultasi ke ahli nutrisi boleh, cuma saya tidak pernah menganjurkan yang mana. Biasanya saya menyuruh klien untuk mencoba suatu makanan selama dua minggu, enak apa enggak bagi tubuh? kalau enak bisa dterusin, kalau tidak bisa dicoba yang lain," ujar Kathy. 

Menurut Kathy, sebenarnya yang terpenting bukanlah jumlah kalori pada makanan tetapi nutrisi dan keseimbangan dari kandungan makanannya.

"Misalnya nasi goreng kalorinya 500, sedangkan salad kalorinya juga sama 500 bukan berarti bisa milih nasi goreng meskipun kalorinya sama. Tetap saja yang lebih sehat adalah salad meskipun memiliki kalorinya sama dengan nasi goreng," papar dia.

"Kita butuh protein, sayur-sayuran, dan karbohidrat. Kalau bisa setengah piring dari makanan yang kita konsumsi adalah sayur-sayuran," pungkas Kathy. 


Lihat video:




(DEV)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG DIET
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 21-09-2018