DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK, Dana Terkumpul RP 12.672.749.522 (17 AGUSTUS 2018)

7 Tanda Anda Gemar Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain

Sri Yanti Nainggolan - 14 Juni 2018 07:00 wib
(Foto: onlymyhealth)
(Foto: onlymyhealth)

Jakarta: Membandingkan diri dengan orang lain memang diperlukan dalam situasi tertentu untuk memotivasi agar performa semakin baik. Namun, jika terlalu sering, efeknya justru sebaliknya.

Apakah Anda gemar membandingkan diri Anda dengan kualitas yang dimiliki orang lain, berikut ciri-cirinya. 

1. Selalu membahas masa lalu

Jika Anda terlalu banyak memikirkan masa lalu, terutama yang berujung membuat Anda memiliki perasaan negatif, itu pertanda Anda senang membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Begitu juga jika Anda melihat keberhasilan teman dan berfikir bagaimana masa lalu mereka, itu juga merupakan tanda Anda gemar membandingkan kehidupan yang Anda miliki dengan orang lain.

2. Menghakimi

Menghakimi orang lain bukanlah hal yang positif. Jika terlalu sering melakukannya, bisa jadi Anda sedang merasa tak aman atau sedang berusaha menunjukkan bahwa diri Anda lebih baik dari orang lain. 

3. Marah sebagai ekspresi frustasi 

Orang yang selalu sibuk membandingkan diri dengan orang lain biasanya orang yang tidak bahagia dan frustrasi. Mereka biasanya menggunakan kemarahan sebagai penyamaran atas rasa frustrasi dan ketidakpuasan mereka dengan orang-orang yang biasanya mereka bandingkan.

4. Mengutamakan uang

Orang yang memiliki masalah keuangan cenderung membandingkan diri dengan orang lain. Mengurusi keuang orang lain menunjukkan ketidakpuasan dalam hidup. 

5. Tidak bahagia

Jika Anda selalu merasa lebih buruk dibandingkan orang lain, maka Anda jadi tak bisa menikmati diri sendiri. Berpikir diri tak pernah lebih baik membuat hidup menjadi tak bahagia. 

6. Benci dengan kota yang ditinggali

Jika Anda terus berpikir untuk pindah kota, coba cari tahu penyebabnya. Apakah kesepian atau ingin mencari suasana baru? Atau karena melihat orang di tempat lain jauh lebih bahagia dan sukses? Buang pikiran negatif tersebut. 

7. Suka menyakiti orang lain

Menyakiti orang yang ebih sukses dari Anda adalah pertanda Anda dalam keadaan mental tak baik. Hilangkan kebiasaan negatif tersebut agar tidak berpikiran buruk terus. 




(DEV)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KESEHATAN MENTAL
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 17-08-2018