Selain Genetik, Ini Penyebab Kulit Berminyak

Sri Yanti Nainggolan - 09 Agustus 2017 13:09 wib
(Foto: The Health Site)
(Foto: The Health Site)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kulit berminyak tak hanya disebabkan oleh kelebihan produksi kelenjar minyak karena faktor genetik, tetapi ada beberapa faktor lain.

Berikut adalah beberapa hal yang membuat kulit Anda yang menjadi lebih berminyak dibanding biasanya.

1. Siklus haid

Setiap bulan, saat tubuh mengalami siklus reguler karena produksi hormon. Fluktuasi dalam kadar hormon tersebut dapat merangsang kelenjar minyak sehingga kulit lebih berminyak.

2. Stres

Tekanan fisik dan emosional dapat meningkatkan produksi minyak dari kelenjar minyak. Cobalah melakukan yoga atau meditasi untuk membantu melawan kulit berminyak akibat stres.

3. Cuaca

Aktivitas yang berhubungan dengan kelenjar keringat umumnya tak terpengaruh oleh cuaca. Namun, cuaca yang lebih hangat dan lembap cenderung membuat kulit lebih berminyak.

4. Pubertas

Selama pubertas, fluktuasi hormon dapat meningkatkan kadar androgen yang menyebabkan kulit berminyak. Peningkatan andorgen tersebut menandai pendewasaan pada kelenjar sebaceous dimana ketika kelenjar tersebut semakin berkembang maka kulit semakin berminyak.

5. Make up

Make up adalah solusi instan untuk menutupi jerawat, tetapi jika terlalu tebal, maka kulit juga akan semakin berminyak. Saat membeli make up, pilihlah produk dengan kandungan bebas minyak dan anti-komedo.




(DEV)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG TIPS KESEHATAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Wed , 13-12-2017