Tips Menghindari Kulit Kepala Kering saat Cuaca Buruk

Sri Yanti Nainggolan - 10 Januari 2018 09:00 wib
(Foto: Shutterstock)
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Cuaca yang buruk, terutama dingin, dapat membuat kulit kepala menjadi lebih kering dan tumbuh jamur. Untuk menghindarinya, hindari penggunaan produk kimia dan aplikasikan minyak kelapa pada bagian yang bermasalah tersebut.

Vandana Punjabi, dokter kulit dari Nanavati Super Specialist dan Farah Arfeen, ahli gizi dari AktivHealth menyarankan beberapa tips untuk membuat kulit kelapa tetap sehat di musim dingin.

1. Oleskan minyak kelapa pada kulit kepala selama satu setengah jam sebelum mencuci rambut. Kemudian, cuci dengan sampo ringan tanpa kandungan sulfat. Tak perlu mencuci kulit kepala secara berlebihan agar tak kering.

2. Hindari penggunaan bahan kimia seperti pelembut atau pewarna karena dapat menyebabkan kulit kepala makin kering. Jika terasa gatal, gunakan sampo anti ketombe untuk mengatasinya. Sampo ini juga dapat mencegah rambut rontok.

3. Pola makan adalah bagian yang penting untuk perawatan rambut. Makanan yang tinggi akan omega 3 seperti almond, kemari, biji bunga matahari; tinggi protein seperti telur, daging tanpa lemak, ikat, keju cottage, tahu; dan tinggi besi seperti sayuran daun hijau, buah, dan kacang-kacangan baik untuk kesehatan rambut.

Produk susu juga membuat rambut lebih berkilau dan bergelombang sehingga dapat meningkatkan rasa percaya diri. Susu adalah sumber nutrisi baik seperti protein, kalsium dan vitamin, yang penting untuk memelihara medula, lapisan paling dalam dari rambut yang memberikan cahaya.

Pola makan yang seimbang, terutama kaya akan sumber selenium dan seng seperti almond, macadamia dan argon dapat meningkatkan pertumbuhan rambut, mengurangi ketombe, dan bisa menghancurkan jamur dari kulit kepala.

4. Air adalah komponen paling penting dalam nutrisi. Cairan tersebut diperlukan untuk menjaga sirkulasi darah, yang memungkinkan nutrisi untuk dijangkau dari kulit kepala ke folikel rambut dan membuat bagian tersebut sehat. Tanpa air yang cukup, kulit kepala  menjadi kering dan gatal sehingga membuat rambut rapuh.


 


(DEV)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG TIPS & TRIK
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 24-04-2018