Banyak Pasien Tak Patuh pada Pengobatan karena Alasan Ini

Sri Yanti Nainggolan - 09 November 2017 18:55 wib
(Foto: Cloudfront)
(Foto: Cloudfront)

Jakarta: Kepatuhan pada anjuran dokter selama masa pengobatan sangat berperan penting untuk kesembuhan atau meningkatkan kualitas hidup pasien. Namun, sayangnya tak semua pasien demikian.

Menurut ahli endokrin Dr dr Imam Subekti, SpPD-KEMD, ada beberapa penyebab mengapa pasien melanggar atau mangkir dari aturan dokter.

"Pertama, untuk pasien diabetes, karena jumlah obat yang banyak dan cara minum yang beragam," ujarnya dalam konfrensi pers Jakarta Diabetes Meeting ke-26, Kamis 9 November 2017.

Selain itu, efek samping obat juga membuat pasien enggan mematuhi saran dokter seperti khawatir berat badan naik, mengalami hipoglikemia (gula darah di bawah kadar rata-rata), atau gangguan ginjal akibat konsumsi obat.

"Ada juga pasien yang secara ekonomi tak mampu membeli obat," tambahnya.

Kolaborasi antara dokter dengan pasien berpengaruh pada kepatuhan pasien diabetes ysng msns dokter harus turut aktif dalam mengawasi pengobatan pasien.

Terkait obat, dr Imam menyarankan agar jumlah obat sedapat mungkin disederhanakan dan intensitas konsumsi obat juga dipermudah agar pasien tidak malas menelannya.

Kemudian, pengetahuan akan penyakit yang tengah diderita juga sebaiknya terus ditambah agar pasien lebih waspada dan menjaga tubuhnya.

"Kita juga harus yakin bahwa manfaat obat akan lebih besar daripada harga obat tersebut," tutupnya.


(DEV)

ADVERTISEMENT
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Thu , 23-11-2017