6 Sumber Makanan Tinggi Kalium Selain Pisang

Raka Lestari - 14 Januari 2018 18:14 wib
(Foto: Shutterstock)
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Kalium adalah nutrisi penting dalam makanan yang memainkan peran kunci dalam kekuatan otot, fungsi saraf, dan kesehatan jantung. Defisiensi kalium dapat menyebabkan mudah kelelahan, kram otot, jantung berdebar, dan pusing.

Pisang merupakan buah dengan kandungan kalium tinggi, yaitu sebesar 422 mg. Namun, pisang bukan satu-satunya makanan yang memiliki kandungan kalium.

Berikut ini adalah daftar makanan yang memilki kandungan kalium yang lebih besar daripada pisang, dikutip dari Womenshealthmag:

1. Ubi manis

Ubi manis mengandung banyak vitamin dan kalium sebesar 542 mg. "Anda bisa menumis cepat ubi manis ditambah dengan minyak zaitun dan saus kacang mede," ujar Desiree Nielsen, R.D.

2. Alpukat

Menurut United States Department of Agriculture (USDA) dalam setengah buah alpukat mengandung 487 mg kalium. "Saya biasa menambahkan alpukat bersama salad, semangkuk gandum, dan dengan scrambled egg untuk meningkatkan lemak sehat dan tinggi serat, "katanya.

3. Yogurt

Jika Anda menginginkan camilan yang sehat, plain yogurt bisa menjadi pilihan. Menurut USDA, delapan sendok makan yogurt mengandung sebanyak 579 mg kalium. Untuk camilan yang enak dan sehat, Anda bisa mencampur plain yogurt dengan buah bit atau kenari.

4. Pasta tomat

Seperempat cangkir pasta tomat mengandung 669 mg potasium, menurut USDA. Nielsen mengatakan bahwa pasta tomat dapat menjadi bahan utama yang bagus untuk saus tomat rendah gula yang bisa Anda buat sendiri di rumah.

5. Bayam

Ada banyak cara untuk menambahkan bayam dalam makanan Anda, mulai dari salad, burger, atau bahkan dijadikan smoothie yang lezat. Bayam sendiri mengandung 839 mg kalium dalam setiap satu cangkir.

6. Kentang

Meskipun ubi manis juga memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi, kentang yang juga masih satu jenis dengan ubi manis tidak kalah juga dalam hal kandungan kalium, yaitu sebanyak 941 mg kalium yang bisa memenuhi 20 persen asupan potasium yang Anda butuhkan per hari.


 


(DEV)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG TIPS & TRIK
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 22-01-2018