Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp 5.963.078.120 (13 AGUSTUS 2018)

Pengalaman Dinda Kanyadewi Punya Keluarga Penyandang Diabetes

Sri Yanti Nainggolan - 11 Agustus 2018 08:00 wib
Dinda Kanyadewi (Foto: Medcom/Yanti)
Dinda Kanyadewi (Foto: Medcom/Yanti)

Jakarta: Aktris Dinda Kanyadewi menceritakan bagaimana ia mendukung almarhum ibu dan kakak pertamanya yang merupakan penyandang diabetes (diabetesi) semasa hidup.

Ibu pemain sinetron Cinta Fitri tersebut terdiagnosis diabetes pasa tahun 1993, saat Dinda berusia 5 tahun, dan meninggal pada 2014 karena komplikasi jantung. Sementara, kakak pertamanya terdiagnosis diabetes 1,5 tahun yang lalu.

Sebagai inner circle atau orang terdekat penderita diabetes, Dinda mengaku ikut menjaga pola makan sebagai bentuk dukungan pada ibunya dan upaya menghindari penyakit yang bersifat genetik tersebut.

"Mama selalu menjaga pola makan dengan makan nasi khusus diabetes atau nasi merah, dan mengurangi gula, saya juga. Kami menjadi alarm buat satu sama lain," kenang Dinda dalam peluncuran aplikasi Teman Diabetes, Jumat 10 Agustus 2018.

Selain itu, ia juga belajar cara menyuntikkan insulin agar bisa membantu sang ibu jika beliau merasa bosan. Kebiasaan mengecek gula darah juga dilakukan ibunya pada kelima anaknya sebagai bentuk deteksi dini.

Dinda menyemangati orang yang punya pengalaman sama dengannya untuk tidak berhenti mendukung orang terkasih mereka yang terkena diabetes.

"Jangan capek menyemangati keluarga kita karena dukungan itu penting sekali untuk mereka. Kita juga harus tetap semangat," ujarnya.

Setelah ibu berpulang, Dinda mengaku bahwa pola makannya menjadi tak teratur dan tidak sehat sehingga berat badannya meningkat hingga 15 kg.

"Mungkin karena sedih, jadi saya melampiaskannya ke makanan manis dan malas gerak," ujarnya.

Namun, kini ia sedang berniat menurunkan berat badan sekaligus mencegah munculnya diabetes dengan melakukan konsultasi ke ahli gizi dan rutin berolahraga.

Tiga minggu terakhir ini ia mengurangi karbohidrat dan memperbanyak makanan sehat seperti buah dan sayur untuk membersihkan tubuh dari racun (detoksifikasi).

Selain itu, ia juga rutin berolahraga yoga dan treadmill dua hingga tiga minggu sekali. Ia juga tak lupa mengukur gula darah tiap sebulan sekali.


(ELG)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG DINDA KANYA DEWI
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Wed , 15-08-2018