DOMPET KEMANUSIAAN PALU/DONGGALA, Dana Terkumpul RP 51.179.914.135 (23 NOV 2018) Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) (Mandiri - 117.0000.99.77.00) (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Tren Melahirkan Ini Unik dan Aneh

Anggi Tondi Martaon - 09 Juli 2018 18:05 wib
Dikutip dari Livescience, berikut tren kelahiran yang dianggap aneh namun diikuti oleh sebagian orang tua. (Foto: Ewout Paulusma/Unsplash.com)
Dikutip dari Livescience, berikut tren kelahiran yang dianggap aneh namun diikuti oleh sebagian orang tua. (Foto: Ewout Paulusma/Unsplash.com)

Jakarta: Sejak zaman dahulu kala, ada banyak kebiasaan melahirkan yang dipegang kuat berbagai kelompok manusia. Contoh, wanita Malaysia kuno melahirkan sambil duduk, kebiasaan orang Prancis abad ke-18 memandikan bayi baru lahir dengan anggur. 

Tak jauh beda, manusia modern juga melakukan hal serupa yaitu mengikuti tren kehamilan yang semakin meningkat. Dikutip dari Livescience, berikut tren kelahiran yang dianggap aneh namun diikuti oleh sebagian orang tua, yaitu:

1. Kelahiran lotus
Kelahiran lotus adalah membiarkan tali pusar yang menempel pada tubuh bayi hingga lepas dengan sendirinya. Bahkan, ada beberapa orang tua menyiapkan wadah khusus sebagai wadah tali pusar yang menempel.

Tren ini dianggap sebagai cara membantu bayi menghadapi transisi kehidupan luar rahim. Namun banyak juga ahli yang tidak merekomendasikan kebiasaan ini karena tidak baik untuk bayi.

Seperti yang disampaikan oleh Dr Saima Aftab, Direktur Medis Pusat Perawatan Janin di Rumah Sakit Anak-Anak Nicklaus di Miami. Dia menyebutkan, jaringan tubuh yang sudah mati menjadi sarang bakteri dan dapat menyebabkan infeksi. "Dan risiko infeksi bisa menyebar ke bayi yang baru lahir," kata Aftab.


(Kelahiran lotus adalah membiarkan tali pusar yang menempel pada tubuh bayi hingga lepas dengan sendirinya. Bahkan, ada beberapa orang tua menyiapkan wadah khusus sebagai wadah tali pusar yang menempel. Foto: Jancko Ferlic/Unsplash.com)

(Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat Berhubungan Seks Setelah Melahirkan?)

2. Tato stretch mark dan bekas luka operasi caesar
Seniman tato Tiongkok Shi Hailei menawarkan kepada ibu yang baru melahirkan untuk menghilangkan penampakan stretch mark atau luka operasi caesar yaitu caranya dengan melalui tato.

Sebenarnya, bekas luka C-section dan stretch mark dapat dihilangkan dengan mentega coklat atau produk lain untuk membantu memudarkan bekas luka. Namun, metode tato ini menjadi cara yang semakin populer untuk menutupi bekas luka yang terlihat. 

3. Melahirkan tanpa bantuan medis
Metode melahirkan ini sebenarnya sudah dilakukan sejak zaman dahulu kala. Namun, saat ini metode tersebut kembali populer, tidak ada bantuan medis dalam proses melahirkan.

Meski menjadi tren, calon ibu sangat disarankan untuk tidak menerapkan metode ini saat persalinan. Sebab, potensi gangguan kesehatan atau bahkan kematian sangat tinggi.




(TIN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KESEHATAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 14-12-2018