DOMPET KEMANUSIAAN PALU/DONGGALA, Dana Terkumpul RP 45.764.339.104 (19 OKT 2018) Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) (Mandiri - 117.0000.99.77.00) (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Flu Tak Kunjung Sembuh, Salah Satu Tanda Infeksi Sinus

Torie Natalova - 12 Februari 2018 15:19 wib
(Foto: Shutterstock)
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Flu biasanya akan membuat hidung Anda tak nyaman, sulit bernapas, dan terus mengeluarkan lendir. Tetapi, tidak semua dari kondisi tersebut adalah flu. Infeksi sinus juga dapat menyebabkan kondisi tersebut sehingga banyak orang yang tak menyadari munculnya infeksi sinus.

Sinus adalah rongga yang mengalir ke hidung Anda. Infeksi sinus muncul saat virus, bakteri atau jamur masuk ke lapisan satu atau lebih sinus. Seringkali, infeksi sinus muncul setelah flu karena bukaan sinus Anda cenderung membengkak.

Flu biasanya akan hilang dalam lima hari. Infeksi sinus biasanya berlangsung sekitar empat hingga 12 minggu. Berikut adalah beberapa tanda infeksi sinus.

1. Nyeri di wajah

Sinus Anda terletak di dahi, antara mata dan bawah mata. Jadi, tergantung pada sinus mana yang terinfeksi, sehingga Anda dapat merasakan seperti tertekan di atas pipi, antara mata, atas dahi Anda atau bahkan di gigi bagian atas. Sedangkan sinus maksila berada di bawah pipi, jika terinfeksi Anda mungkin akan merasa sakit gigi.

2. Hidung meler atau tersumbat

Infeksi sinus mencegah sinus keluar dari hidung ke hidung, menyebabkan penumpukan lendir di hidung dan sinus Anda. Akibatnya, hidung Anda mungkin akan terus meler dan lendir yang keluar mungkin akan tebal atau berubah warna.

3. Lendir masuk tenggorokan

Lendir yang terbentuk di hidung Anda saat infeksi sinus bisa mengalir ke bagian belakang tenggorokan sehingga menyebabkan suara parau, sakit tenggorokan, bau tak sedap atau batuk. Anda perlu sering-sering menjernihkan tenggorokan Anda dan mungkin akan mengeluarkan lendir tebal dan berubah warna.

4. Bau mulut

Lendir yang terinfeksi menetes ke tenggorokan dapat menyebabkan bau busuk pada napas Anda. Karena hidung Anda sesak, Anda mungkin akan bernapas melalui mulut yang dapat membuatnya kering dan memicu bau mulut.




(DEV)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KESEHATAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sun , 21-10-2018