5 Kesalahan dalam Merawat Tindik

Sri Yanti Nainggolan - 13 Januari 2018 18:48 wib
5 Kesalahan dalam Merawat Tindik (Foto: shutterstock)
5 Kesalahan dalam Merawat Tindik (Foto: shutterstock)

Jakarta: Tak sedikit orang yang senang menghiasi tubuh mereka dengan tindik. Namun, jika perawatan yang kurang tepat, maka bisa terjadi infeksi parah.

Berikut adalah beberapa kesalahan yang kerap dilakukan para pemilik tindik yang bila tak diubah dapat menyebabkan infeksi hingga berujung pada rumah sakit.

1. Menyentuh tindik
Menyentuh tindik yang baru dipasang jelas tak disarankan. Hal tersebut dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan infeksi di area tindik.

2. Menggunakan sabun keras
Membersihkan tindik dengan sabun keras, salep, atau alkohol juga dapat menyebabkan masalah pada kulit. Cobalah menggunakan Neosporin atau hidrogen peroksida yang lebih halus ke kulit.

3. Menggunakan cotton bud
Ini adalah kesalahan yang cukup umum dan tak baik karena sisa dari kapas dapat terjebak dalam tindik. Lebih baik menggunakan kain yang sudah durendam dengan air garam dan menekan secara perlahan bagian tindik untuk membersihkan area tersebut.

4. Menusuk kerak tindik
Setiap tindik memiliki sedikit kerak dan itu normal karena kerak itu hanyalah hasil dari kerja tubuh yang mencoba membersihkan diri sendiri. Kerak tersebut adalah sel darah putih yang mengering saat proses penyembuhan. Biarkan saja.

5. Mengganti tindik dalam waktu cepat
Sebaiknya Anda tidak mengganti tindik selama dua hingga enam bulan. Hal ini dikarenakan tubuh membutuhkan waktu sekitar periode tersebut untuk menyembuhkan diri dari luka yang muncul.


 


(ELG)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG TIPS KESEHATAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Wed , 24-01-2018