Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp Rp2.400.516.227 (19 JUNI 2018)

Pola Makan Tinggi Serat Kurangi Risiko Diabetes

Sri Yanti Nainggolan - 13 Maret 2018 11:00 wib
(Foto: Shutterstock)
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Makanan tinggi serat memiliki banyak manfaat bagi tubuh, termasuk melawan penyakit diabetes tipe 2.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Rutgers University-New Brunswick menemukan bahwa pola makan tinggi serat pada bakteri usus dapat mengontrol glukosa darah menjadi lebih baik, penurunan berat badan, dan kadar lemak yang lebih baik pada penderita diabetes tipe 2.

Studi yang dilakukan selama enam tahun tersebut menyimpulkan bahwa konsumsi makanan berserat yang tepat dapat menyeimbangkan mikrobiota usus, ekosistem bakteri dalam saluran pencernaan, sehingga membantu mempermudah mencerna makanan dan penting untuk kesehatan manusia.

"Studi kami melihat bahwa serat yang menarget pada kelompok bakteri ini dapat menjadi pola makan dan pengobatan utama," jelas pemimpin studi Liping Zhao, seperti dilansir dari The Health Site.

Diabetes tipe 2 berkembang ketika pankreas hanya menghasilkan sedikit insulin atau tubuh tak menggunakan insulin dengan baik. Insulin adalah hormon yang membantu glukosa untuk masuk ke dalam sel sehingga menghasilkan energi.

Bakteri akan memecah karbohidrat dalam usus dan memproduksi asam lemak rantai pendek, yang berguna untuk memelihara usus, mengurangi peradangan, dan membantu mengontrol nafsu makan.

Kekurangan asam lemak rantai pendek dapat menyebabkan diabetes tipe 2 atau penyakit lainnya.

Lihat video:




(DEV)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG DIABETES
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Wed , 20-06-2018