DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK, Dana Terkumpul RP 19.955.605.901 (19 SEP 2018)

Kesehatan Mental Anda Baik jika Suka Melontarkan Humor Ini

Sri Yanti Nainggolan - 14 Maret 2018 10:52 wib
(Foto: Shutterstock)
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Apakah Anda termasuk tipe yang suka merendah atau menjelek-jelekan diri sendiri saat melontarkan sebuah lelucon. Mungkin sebagian orang menilai Anda menyedihkan, tetapi sebuah studi baru justru menunjukkan bahwa Anda punya kesehatan mental yang baik. 

Candaan menghina diri sendiri menunjukkan tingkat kebahagiaan dan percaya diri yang lebih tinggi. 

Para peneliti dari University of Granada mencari tahu apakah perbedaan tipe humor berhubungan dengan cara seseorang mengatasi amarah. 

Studi yang dipublikasi dalam jurnal Personality and Individual Differences ini melibatkan 1.068 orang dewasa Spanyol berusia 18-65 tahun yang berada dalam lima studi berbeda. 

Mereka menganalisa tipe humor menggunakan Humour Styles Questionnaire version Sapnyol, sebuah laporan pribadi berisi 32 pertanyaan yang dikembangkan oleh Rod Martin dan Patricia Doris pada tahun 2003. 

Hasilnya, humor yang mengutuk diri sendiri tidak selalu berkonotasi negatif. 

"Secara khusus, kita telah melihat bahwa kecenderungan yang lebih baik dalam lelucon melawan diri sendiri memiliki nilai tinggi dalam dimensi kesejahteraan psikologis seperti kebahagiaan dan kemampuan sosial," ujar peneliti studi Jorge Torres Marín, dilansir dari Independent.

Tipikal humor seperti itu membantu meningkatkan hubungan sosial. Menggunakan humor yang melibatkan diri membuat orang-orang mengatasi situasi tak menyenangkan dengan mencari hal lucu dalam segala keadaan. 

Selain itu, menertawakan diri sendiri juga dapat menekan amarah. 

"Hasil penelitian menemukan bahwa humor, bahkan ketika disajikan sebagai obat atau bermaksud baik, dan sebaliknya juga bisa mewakili strategi untuk menutupi niat negatif," kata peneliti lain Ginés Navarro-Carrillo.

Para peneliti menambahkan, dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk menganalisis perbedaan budaya humor.


Lihat video: 




(DEV)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KESEHATAN MENTAL
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 21-09-2018