DOMPET KEMANUSIAAN PALU/DONGGALA, Dana Terkumpul RP 51.052.810.215 (14 NOV 2018) Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) (Mandiri - 117.0000.99.77.00) (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Efek Positif Menyanyi di dalam Mobil

Raka Lestari - 09 November 2018 13:27 wib
Berikut ini adalah dampak positif menyetir sambil bernyanyi. (Foto: Averie Woodard/Unsplash.com)
Berikut ini adalah dampak positif menyetir sambil bernyanyi. (Foto: Averie Woodard/Unsplash.com)

Jakarta: Salah satu kebiasaan yang paling sering dilakukan ketika seseorang menyetir adalah sambil bernyanyi di dalam mobil. Hal ini seringkali dilakukan terutama jika kondisi lalu lintas sedang macet, atau ketika sedang merasa bosan karena menyetir sendirian.

Musik dapat meningkatkan antibodi yang meningkatkan kekebalan Anda dan melindungi tubuh Anda terhadap bakteri.

Dan menurut para ahli, bernyanyi dan menyetir dapat menimbulkan banyak efek positif bagi kesehatan mental yang baik juga. Berikut ini adalah dampak positif menyetir sambil bernyanyi.

1. Dapat menstimulasi pikiran Anda
Connie Omari, seorang konselor profesional berlisensi yang berpraktik di North Carolina dan pemilik Tech Talk Therapy, mengatakan bahwa dia juga menyarankan untuk bernyanyi sambil mengemudi kepada pasiennya. Latihan ini bisa menjadi bentuk meditasi sendiri dan dapat membantu menenangkan pikiran.

"Dengan mendengarkan musik, pengemudi dapat menggantikan pikiran negatif dengan lebih positif melalui penggunaan ritme dan ketukan," katanya. "Ini memberikan kesempatan bagi seseorang untuk bermeditasi."


(Musik dapat meningkatkan antibodi yang meningkatkan kekebalan Anda dan melindungi tubuh Anda terhadap bakteri. Foto: Frank Mckenna/Unsplash.com)

(Baca juga: Cara Melepaskan Diri dari Stres)

2. Musik menghasilkan hormon rasa senang
Menurut Katie Ziskind, seorang terapis keluarga berlisensi, bernyanyi dapat melepaskan oksitosin, zat kimia yang kadang-kadang disebut "hormon cinta." Kebanyakan orang merasakan efek oksitosin ketika mereka memeluk seseorang yang dicintai. Oksitosin memulai emosi seperti kepercayaan, rasa aman bahkan relaksasi.

3. Dapat mengurangi kemarahan di jalan
Menurut Kristen Fuller, seorang dokter dan penulis kesehatan mental klinis untuk Centre For Discovery, "Dopamin meningkatkan motivasi dan dorongan Anda," kata Fuller. "Suasana bahagia ini dapat membuat Anda tidak cepat marah dan mengemudi lebih berhati-hati, yang berpotensi menyebabkan lebih sedikit kecelakaan."

4. Bernyanyi dapat melepaskan ketegangan
Loretta G. Breuning, penulis buku mengenai kesehatan mental mengatakan bahwa dengan bernyanyi dapat meredakan ketegangan yang dapat menumpuk dalam diri Anda. Ketegangan terjadi ketika tubuh Anda merasa terancam dan atau merasa dalam bahaya.

5. Bernyanyi dapat membantu Anda mengeluarkan emosi terpendam
Menurut Kristen Ray, wakil presiden kesehatan perilaku di Bayless Integreated Healthcare di Phoenix, "Bernyanyi adalah cara bagi kami untuk mengekspresikan emosi, terutama yang sulit," kata Ray.

"Ketika kita menyanyikan lirik yang sesuai dengan keadaan kita dengan lagu yang dinyanyikan oleh artis, kita tidak akan merasa sendirian."




(TIN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PSIKOLOGI
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sun , 18-11-2018