Selain Pola Makan Buruk, 5 Kebiasaan Ini Sebabkan Obesitas pada Anak

Sri Yanti Nainggolan - 11 Oktober 2017 11:05 wib
(Foto: The Health Site)
(Foto: The Health Site)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pola makan yang buruk memang menjadi penyebab utama obesitas. Namun, gaya hidup juga memberi kontribusi yang besar terhadap terjadinya obesitas pada anak.

Berikut adalah beberapa penyabab umum mengapa anak mengalami kegemukan menurut Ramen Goel dari Center of Bariatric & Metabolic Surgery di Wockhardt Hospitals, Mumbai.

1. Terlambat tidur

Tidur pada larut malam dapat mengacaukan siklus istirahat tubuh, terutama pada anak yang sedang mengalami masa pertumbuhan. Bahkan, kebiasaan tersebut dapat memicu kegemukan. Sebuah studi menuliskan bahwa setiap satu jam keterlambatan tidur anak dapat menaikkan angka indeks massa tubuh (BMI) secara perlahan.

2. Tidak sarapan

Kebiasaan membiarkan anak tak mengisi energi pada pagi hari dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Hal ini memicu peningkatan nafsu makan pada siang hari sehingga konsumsi makan menjadi berlebihan.

3. Kurang tidur

Beberapa studi menemukan bahwa anak yang memiliki jam tidur lebih lama memiliki Indeks Massa Tubuh lebih baik dibandingkan anak yang kurang tidur.

4. Minuman manis

Pembatasan minuman manis dan karbonasi dapat membantu mengurangi asupan kalori berlebih sehingga mencegah kegemukan dan obesitas.

5. Kecanduan gawai

Gaya hidup kurang gerak dapat menurunkan metabolisme, meningkatkan asupan kalori, dan menyebabkan obesitas jangka panjang. (The Health Site)




(DEV)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG OBESITAS
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 12-12-2017