Studi: Kurang Kalsium Picu Risiko Serangan Jantung Dua Kali Lipat

Sri Yanti Nainggolan - 10 Oktober 2017 14:40 wib
Penelitian yang dipublikasi dalam Mayo Clinic Proceeding tersebut menemukan adanya hubungan antara serangan jantung dengan asupan kalsium. (Foto: Courtesy of Independent.co.uk)
Penelitian yang dipublikasi dalam Mayo Clinic Proceeding tersebut menemukan adanya hubungan antara serangan jantung dengan asupan kalsium. (Foto: Courtesy of Independent.co.uk)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah penelitian menemukan bahwa mereka yang memiliki kadar kalsium rendah dalam tubuh berisiko dua kali lipat terkena serangan jantung.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa 90 persen dari kasus serangan jantung berujung fatal. 

Penelitian yang dipublikasi dalam Mayo Clinic Proceeding tersebut menemukan adanya hubungan antara serangan jantung dengan asupan kalsium. Para peneliti di Amerika Serikat tersebut membandingkan kadar kalsium pada 367 pasien yang pernah terkena serangan jantung dan 445 pasien yang belum pernah mengalaminya. 

Hasilnya, tingkat kalsium serum terlihat lebih rendah pada peserta yang pernah mengalami serangan jantung mendadak. 



"Pasien dengan kadar kalsium serum kuartil terendah (di bawah 25 persen) memiliki kemungkinan terkena serangan jantung dua kali lipat dibandingkan mereka yang memiliki kuartil tertinggi (di atas 25 persen)," tukas pemimpin studi Dr. Sumeet Chugh dari Cedars-Sinai Heart Institute di Los Angeles.

(Baca juga: Stres Terbukti Dapat Memicu Serangan Jantung dan Stroke)

Penelitian tersebut juga memperhitungkan demografi, faktor risiko kardiovaskular dan komorbiditas, serta penggunaan obat-obatan.

Pasien pada kelompok berisiko tinggi memiliki kadar kalsium dalam darah kurang dari 8,95 miligram per desiliter, dimana kisaran normal adalah 8,5-10,2 mg.

Selain itu, data juga menemukan risiko serangan jantung secara signifikan lebih besar terjadi pada orang Amerika Afrika dan penderita diabetes, penyakit paru obstruktif kronik dan penyakit ginjal kronis.











(TIN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KESEHATAN JANTUNG
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sat , 21-10-2017