Ibu Insomnia Pengaruhi Pola Tidur Anak

Sri Yanti Nainggolan - 09 November 2017 15:16 wib
(Foto: Pinterest)
(Foto: Pinterest)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pola tidur ibu memberi pengaruh besar pada si kecil. Sebuah penelitian menemukan bahwa anak cenderung kurang tidur bila ibu menderita gejala insomnia.

Tidur berperan penting dalam kesejahteraan dan kesehatan orang dewasa dan anak-anak. Durasi dan kualitas tidur yang buruk dapat memberi efek pada kesehatan mental, pembelajaran, memori, dan pencapaian di sekolah pada anak.

Penemuan yang dipublikasikan dalam jurnal Sleep Medicine  tersebut melibatkan 200 anak berusia sekolah dasar dan orang tua mereka.

Para peneliti dari University of Basel di Swiss dan University of Warwick di Inggris tersebut mengukur pola tidur anak berusia 7-12 tahun di makam hari menggunakan electroencephalography (EEG).

Sekitar setengah dari anak-anak lahir prematur. Selain itu, para orang tua melaporkan bahwa mereka memiliki gejala insomnia dan anak mereka mengalami gangguan tidur.

Studi tersebut menunjukkan bahwa anak-anak dengan ibu insomnia sulit mengantuk, kurang tidur, dan memiliki durasi mengantuk yang lebih sedikit saat diukur dengan EEG.

Namun, pola tersebut tak terjadi pada ayah yang insomnia. Menurut para peneliti, beberapa jenis mekanisme turut berperan dalam hubungan pola tidur antara anak dan orang tua.

Anak-anak kemungkinan memelajari kebiasaan tidur dari orang tua mereka dan mereka berbagi gen dengan orang tua yang memiliki kualitas tidur yang buruk.

Selain itu, fungsi keluarga yang buruk memengaruhi pola tidur orang tua dan anak.




(DEV)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG STUDI KESEHATAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Thu , 23-11-2017