Biji Wijen Bantu Jaga Keremajaan Kulit

Pelangi Karismakristi - 13 Februari 2018 16:21 wib
(Foto: Shutterstock)
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Rambut dan kulit yang indah menjadi dambaan setiap kaum hawa. Anda juga bisa mendapatkannya dengan cara alami, yakni dengan menggunakan minyak wijen.

Minyak wijen mengandung anti oksidan, yang ampuh mencegah penuaan dini dan juga asam lemak omega yang memicu pertumbuhan rambut. Ahli nutrisi sekaligus Managing Director di Soulflower, Nmami Agarwal telah menjabarkan bagaimana minyak wijen begitu bermanfaat bagi kulit dan rambut, seperti dilansir dari Boldsky.

1. Biji wijen membantu kulit hangat dan lembab. Hal ini disebabkan karena sifat anti inflamasi yang penting dalam meredakan kemerahan pada kulit dan masalah kulit wajah lainnya dengan menyingkirkan patogen dan lainnya yang menyebabkan infeksi kulit.

Campur satu sendok makan minyak zaitun dan dua sendok makan biji wijen bubuk. Oleskan campuran ini ke wajah, lalu tunggu beberapa saat sebelum membilasnya. Lakukan ini secara rutin, baik satu atau dua minggu sekali.

2. Manfaat wijen tak hanya untuk kulit, melainkan juga bagi rambut. Biji wijen kaya akan asam lemak omega yang memicu pertumbuhan rambut dan melembabkan kulit kepala, serta memperbaiki sirkulasi darah yang berguna untuk meremajakan folikel rambut.

Tambahkan dua sendok teh minyak wijen ke dalam 2-3 tetes minyak esensial rosemary dan satu sendok makan gel aloe vera. Oleskan campuran ini ke kulit kepala dan pijat dengan lembut dengan gerakan melingkar. Ulangi selama dua atau tiga minggu sekali, lalu bilas dengan sampo dan kondisioner.

3. Biji wijen mengandung sifat anti penuaan yang menyehatkan rambut dan menghindari rambut beruban.

4. Dengan adanya antioksidan alami dan SPF alami, wijen menjaga kulit tetap terlindungi dari sinar UV serta melindungi dari radikal bebas. Wijen ternyata juga telah digunakan secara tradisional di beberapa negara di dunia untuk mencegah wajah terpapar sinae UV.

Selain berguna untuk kesehatan kulit dan rambut, biji wijen juga bermanfaat untuk sisi kesehatan lainnya, seperti:

1. Memiliki kandungan minyak tertinggi dibandingkan biji lainnya yang sehat untuk dikonsumsi. Hal ini juga membantu dalam menghilangkan plak gigi dan meningkatkan kesehatan mulut.

2. Biji wijen meningkatkan pencernaan dengan menghilangkan sembelit, bermanfaat juga bagi orang-orang yang menjalani perawatan radiasi untuk kanker.

3. Komponen dalam biji wijen, seperti magnesium membantu menjaga kadar insulin dan glukosa yang dapat mengurangi risiko diabetes. Kandungan magnesium juga ideal untuk menurunkan hipertensi.

4. Biji wijen mengurangi peradangan pada persendian, tulang dan otot. Tapi perlu diingat, Anda juga tidak disarankan untuk mengonsumsinya secara berlebihan, karena tak baik bagi kesehatan.




(DEV)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG TIPS KESEHATAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 25-05-2018