Sering Mandi Sauna Efektif Turunkan Risiko Darah Tinggi

Nia Deviyana - 11 Oktober 2017 15:07 wib
(Foto: Web MD)
(Foto: Web MD)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kebiasaan mandi sauna ternyata dapat meningkatkan kesehatan jantung lewat keluarnya keringat. Para peneliti mempelajari lebih dari 1.600 pria paruh baya di Finlandia, dan menemukan bahwa mereka yang mandi sauna empat sampai tujuh kali dalam seminggu mengalami penurunan risiko tekanan darah tinggi.

"Mandi sauna dapat menurunkan tekanan darah sistemik melalui mekanisme biologis yang berbeda," kata Jari Laukkanen, peneliti sekaligus profesor di  University of Eastern Finland.

Saat melakukan sauna, suhu tubuh menjadi naik dan pembuluh darah melebar. Seiring waktu, hal tersebut dapat memperbaiki fungsi lapisan dalam pembuluh darah, selain juga mengeluarkan racun dan merileksasi pikiran.

Adapun para partisipan berusia rata-rata 22 tahun, yang mana 15 persen di antaranya mengembangkan tekanan darah tinggi.

Dibanding pria yang hanya melakukan sauna sekali seminggu, risiko tekanan darah tinggi 46 persen lebih rendah pada merela yang melakukan sauna 4-7 kali seminggu.

Sementara, risiko tekanan darah tinggi 24 persen lebih rendah pada mereka yang melakukan sauna 2-3 kali seminggu.

Tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko utama penyakit jantung. Penelitian sebelumnya menemukan bahwa frekuensi sauna yang lebih sering dapat mengurangi risiko kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung.

Temuan ini telah dipublikasikan dalam American Journal of Hypertension. (Web MD)




(DEV)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG STUDI KESEHATAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 12-12-2017