Ini Alasan Kenapa Semakin Tua Berat Badan Kian Melonjak

Torie Natalova - 09 Agustus 2017 11:25 wib
(Foto: Medicalnewstoday)
(Foto: Medicalnewstoday)

Metrotvnews.com, Jakarta: Seiring bertambahnya usia, berat badan umumnya kian melonjak. Anda mungkin akan mempertanyakan kembali bagaimana kebiasaan atau pola makan yang sebenarnya tidak terlalu berpengaruh dalam hal ini.

Kenaikan berat badan seiring bertambahnya usia bisa disebabkan berbagai alasan. Dr Caroline Apovian mengatakan, perubahan hormon, gaya hidup, peningkatan stres, dan penurunan kualitas tidur, hanya sebagian kecil dari penyebab kenaikan berat badan Anda.

Namun, menurut Caroline alasan utama kenaikan berat badan di paruh baya adalah karena tubuh kehilangan otot alami.

Jumlah massa otot dalam tubuh adalah penentu utama tingkat metabolisme. Semakin banyak massa otot, semakin banyak kalori yang mampu dibakar.

Massa otot kita secara alami mulai menurun di sekitar usia 30-an. Proses tersebut disebut sarcopenia yang akan berakselerasi sekitar usia 40 tahun.

Namun, ini bisa dihindari jika ada upaya yang dilakukan secara aktif untuk melindungi dan membangun massa otot ramping.

Anda dapat mencegah sarcopenia sebelum menginjak usia 40 tahun dengan melakukan beberapa cara. Pertama, olahraga berat setidaknya dua kali seminggu. Kedua, makan makanan yang kaya protein tanpa lemak. Terakhir, dan tak kalah penting adalah tidur cukup.

Tidur tak hanya memberi manfaat bagi kesehatan, tetapi juga memberi waktu kepada tubuh untuk memperbaiki dan membangun kembali otot-otot tubuh Anda.




(DEV)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG STUDI KESEHATAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Thu , 17-08-2017