5 Kondisi Medis yang Dapat Menyebabkan Rasa Cemas Berlebih

Raka Lestari - 13 September 2017 11:00 wib
Studi mengonfirmasi hubungan antara kecemasan dan masalah jantung. (Foto: Emilie Barbier-Eyeem/Gettyimages)
Studi mengonfirmasi hubungan antara kecemasan dan masalah jantung. (Foto: Emilie Barbier-Eyeem/Gettyimages)

Metrotvnews.com, Jakarta: Semua orang pasti pernah merasakan rasa cemas. Biasanya penyebabnya mudah untuk diketahui, entah itu karena masalah pekerjaan, masalah percintaan, atau masalah ekonomi.

Tetapi terkadang rasa cemas bisa menjadi tanda-tanda atau peringatan mengenai masalah medis yang Anda alami. "Mungkin bukan gejala utama pada penyakit tertentu, namun kecemasan bisa menjadi salah satu pertanda," kata Donnica Moore, MD, ahli kesehatan wanita di Chester, New Jersey, Amerika.

Inilah kondisi dimana kecemasan mungkin saja pertanda suatu kondisi medis yang mungkin Anda alami:



Kelenjar tiroid aktif
Hipertiroidisme adalah kondisi dimana kelenjar tiroid menghasilkan hormon tiroid dalam jumlah berlebihan. Hipertiroidisme meningkatkan tingkat metabolisme Anda, yang dapat menyebabkan gejala seperti denyut jantung yang cepat, penurunan berat badan, dan rasa gelisah.

(Baca juga: Penyebab Utama Anemia pada Orang Indonesia)



Penyakit jantung
Studi mengonfirmasi hubungan antara kecemasan dan masalah jantung. Sebanyak 35 persen para pasien yang mengalami penyakit jantung melaporkan merasa lebih cemas, stres, dan lebih aktif dari biasanya.



Anemia
Anemia terjadi bila Anda tidak memiliki cukup sel darah merah atau tidak berfungsi dengan baik. Kekurangan sel darah merah berarti tubuh Anda tidak dapat mengangkut oksigen secara efektif ke tempat yang dibutuhkannya. Hal itu bisa menyebabkan gejala seperti sesak napas dan jantung berdetak kencang serta tidak teratur.



Kekurangan nutrisi
Meskipun tidak banyak yang mengaitkan masalah kekurangan nutrisi ini dengan depresi, sejumlah penelitian menemukan bahwa kekurangan zat seng dalam tubuh dapat menyebabkan beberapa gejala, salah satunya yaitu rasa cemas.



Kanker pankreas
Kecemasan bisa jadi merupakan pertanda dari kanker pancreas. Pada sebuah studi disebutkan, sebanyak setengah dari orang-orang yang didiagnosis menderita suatu penyakit mengalami depresi dan rasa cemas sebelumnya yang tidak diketahui penyebanya apa.

Jika Anda melihat ada gejala, disertai atau tidak disertadi kecemasan seperti dijelaskan diatas pastikan Anda menemui dokter untuk diagnosis yang lebih tepat.











(TIN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KESEHATAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sun , 24-09-2017