7 Penyebab Gigi Sensitif

Sri Yanti Nainggolan - 11 November 2017 12:47 wib
7 Penyebab Gigi Sensitif (Foto: shutterstock)
7 Penyebab Gigi Sensitif (Foto: shutterstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Orang yang memiliki gigi sensitif umumnya tak bisa bebas memakan apapun yang ia mau. Mengganti pasta gigi, sikat gigi, hingga mengatur pola makan tak membantu.

Berikut adalah beberapa hal yang menjadi penyebab munculnya gigi sensitif.

1. Sinus
Mengalami gigi sensitif adalah masalah umum para penderita sinus. Hal ini dikarenakan sinus berdekatan dengan dinding lantai gigi sehingga sinus yang kambuh karena cuaca dingin dapat menyebabkan sakit kepala, nyeri rahang atau kepekaan gigi.

2. Menstruasi
Gingivitis menstruasi adalah masalah oral umum yang dialami wanita. Hal ini terjadi karena fluktuasi hormon selama menstruasi atau hari sebelum mendapatkan menstruasi.

3. Kehamilan
Fluktuasi hormonal selama kehamilan adalah hal wajar, salah satunya menyebabkan gigi sensitif.

4. Bruxism
Orang yang menderita bruxism atau penggilingan gigi di malam hari juga menderita sensitivitas gigi karena kebiasan tersebut mengikis email dan membuat mereka rentan terhadap gangguan tersebut.

5. Stres
Meski tak menjadi penyebab secara langsung, beberapa penelitian mengatakan bahwa tekanan psikologis nampaknya berkontribusi pada kesehatan mulut yang buruk secara sistemik dikombinasikan dengan penyakit kronis lainnya. Selain itu, stres juga merupakan pendahulu Bruxism yang bisa membuat gigi sensitif.

6. Cuaca dingin
Cuaca yang sejuk pada dasarnya memberi sensasi pada gusi yang tidak biasa dan membuat gigi sensitif selama musim dingin.

7. Asam lambung
Asam lambung yang parah akan menggantikan air liur pada permukaan gigi dan pepsin proteolitik sehingga menghilangkan penutup gigi pelindung. Beberapa penelitian telah menunjukkan adanya peningkatan bukti hubungan antara GERD dan erosi gigi penelitian hewan dan manusia. Hal tersebut membuat gigi rentan terhadap kepekaan.

 


(ELG)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KESEHATAN GIGI DAN MULUT
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Thu , 23-11-2017