Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp 5.963.078.120 (13 AGUSTUS 2018)

5 Manfaat Kesehatan jika Beraktivitas dengan Postur Tubuh yang Benar

Raka Lestari - 13 Februari 2018 09:51 wib
(Foto: Shutterstock)
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Postur tubuh yang baik adalah bagian penting dari gaya hidup sehat. Namun, acap kali tanpa disadari, seseorang melakukan aktivitas dengan postur tubuh yang salah.

Padahal, cara Anda berdiri tegak dapat memengaruhi kehidupan Anda. Mempertahankan posisi tubuh yang baik memiliki banyak manfaat.

Berikut ini adalah manfaat yang bisa Anda dapatkan jika memperbaiki postur tubuh, dilansir dari Women's Health Magazine.

1. Mendapatkan energi lebih

"Berdiri dengan postur tubuh yang optimal memungkinkan diafragma Anda bekerja lebih efisien, mempermudah kinerja pernapasan sehingga tidak bekerja terlalu keras," kata Alynn Dukart, ahli kesehatan dari Mayo Clinic.

Postur tubuh membungkuk membatasi perluasan tulang rusuk Anda saat Anda bernafas, menyumbat diafragma, dan bahkan dapat mengurangi kapasitas paru-paru, membuat saluran pernapasan tidak bekerja optimal.

2. Membakar lebih banyak kalori

Postur tubuh yang baik meningkatkan sirkulasi dan memungkinkan Anda menyerap lebih banyak oksigen, yang dapat memudahkan Anda ketika berolahraga, kata Halse. Karena persendian Anda berada pada posisi baik saat Anda berdiri tegak, Anda bisa melakukan gerakan pembakaran kalori lebih banyak daripada orang dengan postur tubuh yang buruk, terutama jika Anda melakukan latihan seperti yoga dan pilates.

3. Tidak sering sakit kepala

Jika Anda sering mengalami sakit kepala, postur tubuh yang buruk bisa menjadi salah satu penyebabnya. "Sakit kepala biasanya disebabkan karena leher yang tegang nyeri punggung atas dan otot rahang dan biasanya akan menjalar ke bagian depan kepala dan bahu yang terlalu ke depan dapat menyebabkan ini." kata Dukart.

4. Memberi napas untuk persendian Anda

Membiarkan postur tubuh yang buruk dapat menimbulkan malapetaka pada persendian Anda. Ketika Anda sedang mengetik di ponsel Anda, misalnya, memberikan tekanan dalam jumlah besar pada sendi bahu, leher, dan otot di sekitarnya, dapat menyebabkan rasa sakit dan luka, kata Dukart.

5. Mengurangi stres

Sebuah studi baru-baru ini dari University of Auckland menemukan bahwa duduk tegak dapat digunakan sebagai mekanisme untuk mengatasi stres. Peneliti menduga bahwa duduk tegak bisa merangsang gairah fisiologis, seperti lonjakan tekanan darah, dan memicu respons tubuh terhadap stres. Bila tubuh Anda tidak diposisikan dengan benar, itu mungkin akan mempengaruhi fungsi hormon dan saraf Anda yang dapat mengubah suasana hati Anda.





(DEV)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG TIPS KESEHATAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Wed , 15-08-2018