Apa yang Terjadi jika Tubuh Mengidap Kolesterol Tinggi?

Pelangi Karismakristi - 10 April 2018 07:00 wib
Foto: Shutterstock
Foto: Shutterstock

Jakarta: Kolesterol merupakan zat lilin yang ditemukan dalam darah dan sel tubuh manusia. Akan berbahaya jika kadar kolesterol jahat dalam tubuh Anda tinggi.

Anda perlu tahu, ada dua jenis kolesterol dalam tubuh, yakni high density lipoporotein (HDL) atau kolesterol baik. Ia berfungsi mengangkut kelebihan kolesterol dari arteri ke hati dan akan menghilangkannya dari tubuh. Jenis yang kedua, low density lipoprotein (LDL) yaitu jenis kolesterol buruk yang tidak sehat. LDL dapat menumpuk di dalam arteri dan membentuk lemak serta endapan lilin yang disebut plak. 

LDL berlebihan akan berdampak buruk bagi tubuh. Lalu apa yang terjadi pada tubuh dengan kolesterol tinggi?

1. Sistem kardiovaskular dan peredaran darah

Dikutip Healthline, ketika terjadi kelebihan LDL, kolesterol akan menumpuk pada arteri dan terjadi penyumbatan. Darah juga tidak mengalir melalui arteri yang kaku, sehingga jantung harus bekerja lebih keras untuk mengalirkan darah. Saat plak menumpuk di arteri, dapat memicu risiko penyakit jantung. 

2. Sistem endokrin

Kelenjar yang memproduksi hormon tubuh seperti esterogen, testosteron, dan kortisol membutuhkan kolesterol. Hormon juga dapat memengaruhi kadar kolesterol. Beberapa penelitian menemukan bahwa ketika kadar esterogen meningkat selama siklus menstruasi wanita, maka kadar kolesterol HDL naik dan LDL menurun. Diduga ini salah satu alasan mengapa wanita yang menopause lebih rentan terkena jantung, karena kadar esterogennya menurun.

3. Sistem saraf

Kolesterol adalah komponen penting dari otak manusia. Faktanya, otak mengandung sekitar 20 persen dari keseluruhan pasokan kolesterol tubuh. Lemak ini sangat penting untuk pengembangan dan perlindungan sel-sel saraf yang memungkinkan otak supaya bisa berkomunikasi dengan seluruh tubuh. 

Anda membutuhkan sejumlah kolesterol agar otak berfungsi optimal. Tapi kelebihan kolesterol juga bisa menyebabkan stroke dan gangguan aliran darah yang dapat merusak bagian otak, menyebabkan hilangnya ingatan, dan menggangu fungsi motorik. Kolesterol tinggi juga dapat mempercepat pembentukan plak beta-amyloid yang dapat merusak otak pengidap penyakit Alzheimer.

4. Sistem pencernaan

Dalam sistem pencernaan, kolesterol turut andil dalam memproduksi empedu, yakni bagian tubuh yang membantu memecahkan makanan dan menyerap nutrisi dalam usus. Tapi jika kolesterol dalam empedu tinggi, lambat laun akan berbentuk seperti kristal, yang kemudian menjadi batu keras di kantung empedu, dan menyebabkan rasa sakit. 

Agar terhindar dari kolesterol jahat, Anda harus menjalani hidup sehat, olahraga teratur, konsultasi dengan dokter, dan perhatikan asupan makanan serta minuman harian untuk menurunkan kadar kolesterol.

Kini ada cara yang lebih mudah dan enak untuk menurunkan kolesterol jahat, yakni minum Nutrive Benecol. Jika dikonsumsi sesuai anjuran, maka dalam 1-2 minggu akan terlihat hasilnya. Kadar kolesterol akan turun sebanyak 15 persen LDL.

Nutrive Benecol mengandung Plant Stanol Ester (PSE) yang telah teruji klinis efektif menurunkan kadar kolesterol. Bahan ini ditemukan pada golongan tumbuhan seperti rye, kedelai, sayur-sayuran, minyak sayuran, nasi, buncis, jagung, gandum, dan tanaman lainnya dalam jumlah yang tidak banyak.

Nutrive Benecol memiliki empat varian rasa enak yang bisa dipilih sesuai selera, yakni blackcurrant, strawberry, orange, dan lychee. Dengan kemasan yang praktis, Nutrive Benecol dapat diminum di mana saja dan kapan pun setiap hari. Nutrive Benecol, cara enak turunkan kolesterol.


(ROS)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KALBE NUTRITIONALS
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
MORE
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
MOST COMMENTED
POPULAR FOTO
ADVERTISEMENT

Fri , 27-04-2018