DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK, Dana Terkumpul RP 12.914.488.519 (18 AGUSTUS 2018)

Paparan Tiga Cairan Tubuh Ini Tidak Menularkan HIV

Sri Yanti Nainggolan - 09 Agustus 2018 15:14 wib
Ilustrasi AIDS, sumber foto: humanillnesses
Ilustrasi AIDS, sumber foto: humanillnesses

Jakarta: Berbagai hoaks seputar HIV masih terus bergulir hingga saat ini, termasuk bagaimana kontak sosial bisa menularkan penyakit yang kerap mendapat stigma negatif ini. 

Padahal, orang dengan HIV/AIDS juga berhak hidup normal di lingkungan sosial. 

"HIV tidak menular melalui kontak sosial seperti bersalaman, cium pipi, cium bibir, pelukan, atau menggunakan alat makan yang sama," tegas dr Adyana Esti dalam diskusi media 'Tangkal Hoaksnya, Pahami Fakta HIV/AIDS' di Jakarta, Kamis, 9 Agustus 2018. 

Ia juga menekankan bahwa tiga cairan yang dikeluarkan dari tubuh yaitu air mata, air liur, dan keringat juga tak bisa menularkan virus tersebut. Cairan-cairan tersebut memang membawa virus HIV, tetapi kurang mampu untuk bisa menularkan karena jumlahnya yang sangat kecil. 

Ia menjelaskan, prinsip penularan suatu virus pada dasarnya terdiri dari empat hal yaitu ESSE (Exit point, Sufficient, Sustain, Entry point). Exit point adalah bagaimana virus keluar dari tubuh. Dalam kasus HIV, melalui sel darah putih. 

Kemudian, sufficient dimana kecukupan virus untuk menularkan gangguan tersebut ke orang lain. Ketiga, ketahanan virus untuk bisa bertahan sebelum masuk ke dalam tubuh orang lain. 

"Misalnya, kuman TBC lemah kalau kena sinar matahari. Virus HIV juga demikian, akan cepat mati kalau terpapar sinar matahari."

Terakhir, entry point yaitu bagaimana virus akan masuk ke dalam orang yang akan ditulari dengan medium yang berbeda-beda. 




(DEV)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG HIV
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sun , 19-08-2018