DOMPET KEMANUSIAAN PALU/DONGGALA, Dana Terkumpul RP 51.179.914.135 (23 NOV 2018) Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) (Mandiri - 117.0000.99.77.00) (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Jangan Minum Kopi Sebelum Mengukur Tekanan Darah, Ini Sebabnya

Sri Yanti Nainggolan - 07 Agustus 2018 18:40 wib
Ilustrasi. Shutterstock
Ilustrasi. Shutterstock

Jakarta: Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan tekanan darah. Tak hanya harus rileks, posisi duduk dan kegiatan sebelum mengujuk tekanan darah juga berpengaruh.

Menurut Ketua Indonesian Society of Hypertension (InaSH), dr Tunggul D. Situmorang SpPD-KGH, ada beberapa hal yang tak boleh dikonsumsi sebelum mengukur tekanan darah.

"Hindari minum kopi dan merokok sekitar 30 menit sebelum mengukur tekanan darah, juga tak mengonsumsi obat-obatan," ujarnya konferensi pers Omron Healthcare Indonesia dan Indonesian Society of Hypertension (InaSH), Selasa 7 Agustus 2018.

Selain itu, pastikan pasien tak mengalami gangguan buang air kecil (BAK) atau buang air besar (BAB) karena hal itu cenderung membuatnya tak nyaman atau rileks.

Pakaian yang dikenakan pun berpengaruh dimana hindari yang ketat dan usahakan nyaman dipakai. Sebelum diukur, pasien sebaiknya beristirahat selama lima menit.

Saat pemeriksaan, umumnya dilakukan dalam keadaan duduk atau tidur, sebaiknya pasien tidak berbicara atau melakukan aktivitas lain. Cukup diam.

"Orang Indonesia lebih suka saat tidur. Sedangkan, saat duduk sebaiknya kaki menyentuh tanah dan tidak menyilang," tambahnya.

Terkait tangan yang mana yang akan diukur, dr Tunggul menyebutkan bahwa tak masalah dengqn tangan kanan maupun kiri, jika tak terjadi perbedaan yang signifikan.

"Memang akan berbeda keduanya. Tetapi kalau perbedaan sampai 10 mmHg, sebaiknya diperiksa juga pada bagian lain seperti kedua kaki untuk melihat apakah kemungkinan terjadi penyempitan pembuluh darah sehingga lebih tinggi," terangnya.

Ia menekankan sebaiknya pengukuran dilakukan 2,5 cm di atas siku dalam, dimana itu sejajar dengan jantung. 




(DEV)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG TIPS KESEHATAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Wed , 19-12-2018