DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK, Dana Terkumpul RP 14.332.438.005 (21 AGUSTUS 2018)

Ketahui Empat Kandungan Berbahaya dalam Produk Rambut

Sri Yanti Nainggolan - 13 Juni 2018 10:53 wib
(Foto: Shutterstock)
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Ada banyak sekali produk rambut di pasaran yang menawarkan banyak manfaat untuk keindahan rambut. Sayangnya, tak semua produk benar-benar aman.

Itu sebabnya, teliti sebelum membeli memang harus Anda lakukan. Membaca kandungan yang tercantum dalam kemasan merupakan langkah utama untuk mendapatkan produk yang aman.

Sebaiknya jangan membeli sampo atau produk rambut yang memiliki bahan-bahan ini. 

1. Paraben

Beberapa produk rambut masih mengandung paraben, seperti methylparaben dan propylparaben untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah bakteri.

"Untuk mengidentifikasi paraben pada label perawatan kulit, carilah propylparaben, benzylparaben, methyl- paraben, atau butylparaben pada komposisinya," jelas dokter naturopati terkemuka, Dr Trevor Cates, dilansir dari Independent.

Paraben dikenal sebagai xenoestrogen, artinya produk tersebut memiliki aktivitas estrogen di dalam tubuh.

Para peneliti menemukan adanya hubungan antara paraben dengan kanker payudara, terbukti bahwa kandungan ini telah ditemukan pada beberapa tumor payudara, meskipun masih belum jelas. 

"Dengan mempertimbangkan penelitian, ada baiknya menghindarinya jika memungkinkan," saran Cates, yang juga menyebutkan bahwa penggunaan paraben di Eropa cukup kecil. 

2. Formaldehida

Sampo mengandung pengawet yang mengandung formaldehida seperti quaternium-15, diazolidinyl urea, DMDM hydantoin, bronopol, atau imidazolidinyl urea yang dapat sangat merusak karena kandungan tersebut melepaskan formaldehida ke udara yang dihirup dan masuk ke kulit.

"Formaldehida diketahui menyebabkan kerusakan DNA dan kanker," kata Cates.

"Zat tersebut paling berbahaya ketika dihirup dan dalam bentuk cair karena dapat diserap melalui kulit. Selain menjadi karsinogenik, formaldehida dan pelepasnya dapat menyebabkan reaksi 'alergi', termasuk iritasi kulit dan asma."

3. Sulfat

Meskipun umum digunakan, sulfat bisa memberi efek buruk pada rambut. Kandungan yang hadir dalam bentuk sodium laureth sulfate dan sodium lauryl sulphate ini adalah detergen yang menimbulkan busa saat digosok dengan rambut. 

"Zat ini digunakan secara luas dalam industri kosmetik sebagai surfaktan yang menjebak kotoran dan minyak dan dapat dibilas dengan air," kata David Felstead, direktur di klinik Rambut & Kulit Kepala Galvin Daniel, kepada The Independent.

Ia menambahkan, ada kekhawatiran bahwa bahan kimia ini mungkin bersifat karsinogenik atau mengiritasi sehingga beberapa produsen menghindari itu dan menggunakan alternatif seperti amonium laureth sulfat yang lebih lembut.

4. Pewangi 

Tak sedikit orang yang memilih produk rambut berdasarkan aroma, yang ternyata dapat memicu reaksi alergi atau memperparah gejala asma. 

"Wewangian dapat mengandung sejumlah bahan kimia yang mengganggu endokrin (EDC) dan termasuk di antara lima alergen teratas di dunia," kata Cates yang menambahkan bahwa produk yang mengandung wewangian sintetis harus digunakan dengan hati-hati.

Namun, Felstead menjelaskan bahwa produk yang mengandung wewangian biasanya baik untuk kebanyakan orang jika Anda tidak memiliki kulit kepala yang sensitif. Ia menyarankan memilih sampo hipoalergenik untuk menghindari kemungkinan reaksi.

Lihat video:




(DEV)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG TIPS KESEHATAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 21-08-2018