Siapa Saja yang Berisiko Terkena Kanker Paru?

Sri Yanti Nainggolan - 10 Februari 2017 17:01 wib
Kanker paru, yang diidentikan dengan kebiasaan merokok, merupakan penyumbang insiden kanker tertinggi pada pria dan penyumbang ke lima pada perempuan di Indonesia. (Foto: Maxpexel)
Kanker paru, yang diidentikan dengan kebiasaan merokok, merupakan penyumbang insiden kanker tertinggi pada pria dan penyumbang ke lima pada perempuan di Indonesia. (Foto: Maxpexel)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kanker paru, yang diidentikan dengan kebiasaan merokok, merupakan penyumbang insiden kanker tertinggi pada pria dan penyumbang ke lima pada perempuan di Indonesia.

Menurut data Globocan 2012, kanker yang menyerang sistem pernapasan tersebut merupakan penyebab pertama kematian pada pria, yaitu sebesar 21,8 persen, dan penyebab kedua pada wanita (21,4 persen) setelah kanker payudara.

Kanker paru, sama seperti tipikal kanker lainnya, sulit untuk dideteksi secara dini karena tidak memiliki gejala di awal. Oleh karena itu, yang perlu waspada adalah mereka yang memiliki faktor risiko.



"Faktor risiko dari kanker paru adalah berusia di atas 40 tahun dan perokok, baik aktif maupun pasif," tukas Dr. dr. Elisna Syarifuddin, Sp. P(K), PhD, dari RSUP Persahabatan dalam diskusi media 'Tantangan Diagnosis Dini dan Harapan Hidup Kanker Paru di Indonesia', Jumat (10/2/2017).

(Baca juga: Mengenal Kanker Paru-Paru)

Ia mengingatkan, definisi perokok pasif adalah mereka yang terpapar asap rokok terus-menerus.

Gejala dari kanker paru-paru sendiri terlihat saat sudah mencapai stadium akhir, seperti batuk terus-menerus selama dua minggu lebih, sesak napas, nyeri dada, dan berat badan turun drastis.

Pada dasarnya, penyebab kanker paru adalah asap yang disebabkan oleh rokok dimana aliran asap membuat saluran nafas menjadi berubah-ubah, meskipun tubuh bisa menormalkannya kembali karena tubuh memiliki kemampuan tersebut. Namun, perubahan saluran dapat memicu kanker paru.

Selain itu, asap rokok yang mengandung 40 persen karsinogen (zat pemicu kanker) juga merupakan pemicu utama kanker paru pada perokok pasif.







(TIN)

ADVERTISEMENT
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 12-12-2017