Jangan Abaikan Sarapan

- 12 September 2017 14:37 wib
Ilustrasi. Smoothie bowl, tren sarapan pagi kekinian. (Foto: Thinkstock)
Ilustrasi. Smoothie bowl, tren sarapan pagi kekinian. (Foto: Thinkstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebagian besar orang lebih perhatian dengan aktivitas makan siang ketimbang sarapan. Sarapan dianggap sebagai hal yang tak terlalu penting sehingga sering kali diabaikan.

Padahal, menurut Dokter Spesialis Gizi Amalia Primahastuti sarapan adalah hal penting sebagai bekal energi untuk mengawali aktivitas sehari-hari.

"Sarapan itu penting sekali, karena pada saat tidur kita seperti puasa. Pas bangun energi kita habis dan cadangan gula juga menurun jadi ketika bangun pagi harus beraktivitas penting sekali mengawali hari dengan sarapan," kata Amalia, dalam Metro I-Care, Sabtu 9 September 2017.

Bukan hanya rasa lapar, melewatkan sarapan juga bisa berakibat menurunnya daya konsentrasi dan rasa lemas pada tubuh. Kondisi ini lantaran tubuh dan otak tak mendapat cukup energi untuk melakukan aktivitas.

Amalia mengatakan tidak ada waktu khusus kapan seseorang harus sarapan. Sebab setiap orang memiliki kebutuhan dan aktivitas yang berbeda.

"Termasuk mereka yang bangunnya siang, tetap saja prosesnya sama. Dia puasa lama berati dia tetap butuh asupan. Saat dia bangun tidur harus makan," katanya.

Sarapan, kata Amalia, juga tak bisa asal makan, hanya minum kopi atau sekadar menyeruput teh. Menu sarapan harus bergizi seimbang dan disesuaikan dengan usia, jenis kelamin, dan aktivitas yang akan dijalankan.

Misalnya untuk anak sekolah atau sebelum berangkat bekerja. Pilihlah menu makanan yang membuat anak lebih mudah menyerap pengetahuan dan fokus. Begitu pula dengan mereka yang bekerja.

"Prinsip untuk sarapan dan makan lainnya sama, gizi seimbang. Ada sumber karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral dari buah dan sayur, serta serat. Kalau misalnya hanya roti saja, berati hanya karbohidrat, tidak memenuhi unsur lain seperti protein dan lain-lain," jelasnya.




(MEL)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG TIPS KESEHATAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Wed , 20-09-2017