Ketahui Perbedaan Tonik dan Serum untuk Rambut

Sri Yanti Nainggolan - 13 Oktober 2017 07:00 wib
(Foto: Scstylecaster)
(Foto: Scstylecaster)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menjaga kesehatan rambut tak cukup hanya dengan rajin mencuci saja, namun juga diperlukan nurtisi lain, seperti tonik dan serum. Apakah perbedaan keduanya?

"Tonik berguna untuk mencegah kerontokan rambut, sementara serum untuk menumbuhkan rambut kembali," ujar dr Liza Widjaja M biomed AAM selaku konsultan dari Beauty Medika dalam beauty seminar di pameran Cosmobeaute Indonesia 2017, Kamis (12/10/2017).

Ia menambahkan, penggunaan tonik dan serum juga tak sama, meskipun bisa digunakan bersama dalam satu kali perawatan.

Tonik memiliki kandungan alkohol dan zat yang dapat mendinginkan kulit kepala. Kedua kandungan tersebut berfungsi menghambat tumbuhnya enzim 5 alfa reduktase yang dapat menyebabkan folikel rambut mengecil.

"Ada berbagai macam penyebab rambut rontok, salah satunya panuaan akibat menurunnya produksi hormon testosteron pada pria sehingga folikel mengecil dan membuat rambut mudah rontok," kata dia.

Tonik bisa digunakan setiap hari, baik keramas maupun tidak. Hal ini dikarenakan zat pendingin kepala dalam produk tersebut sehingga kepala akan terasa adem.

Sementara, serum yang memiliki tingkat konsentrasi tinggi disarankan digunakan setelah keramas dan membubuhkan tonik. Cairan kental tersebut juga sebaiknya diteteskan pada daerah kepala yang mengalami penipisan rambut.

"Setelah menggunakan tobik, tunggu sekitar satu atau dua menit hingga mengering, kemudian bubuhkan serum agar lebih menyerap ke kulit kepala," saran dokter yang praktik di Permata Bina Kulit Institute tersebut.




(DEV)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG TIPS KESEHATAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA KESEHATAN
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sat , 21-10-2017